Monday, September 11, 2017

Apa Itu Sertifikat SSL


Sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) adalah sertifikat digital yang dikeluarkan untuk sebuah domain oleh otoritas pusat yang disebut Otoritas Sertifikat (Certificate Authority). Untuk mengeluarkan sertifikat SSL, Anda harus membeli sertifikat SSL dan kemudian melalui proses verifikasi yang dilakukan oleh Otoritas Sertifikat tersebut.

Kenapa Harus Menggunakan Sertifikat SSL
Sertifikat SSL melakukan 2 hal
1. Mengenkripsi informasi yang dikirim dari browser pengunjung situs web.
2. Otentikasi identitas website.

Dengan dua hal tersebut Sertifikat SSL melindungi data pribadi termasuk password, kartu kredit dan informasi identitas. Hal ini penting jika website Anda mengharuskan pengguna untuk login menggunakan password atau memasukkan informasi sensitif.

Dalam website berorientasi bisnis, menggunakan sertifikat SSL adalah cara termudah untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online Anda.

Selain keamanan dan kepercayaan pelanggan, memiliki Sertifikat SSL juga penting dalam hal SEO, Rangking SEO sebuah website menjadi lebih baik jika menggunakan Sertifikat SSL. Google memberikan peringkat yang lebih tinggi ke situs web yang di lindungi dengan sertifikat SSL. Ini berarti sertifikat SSL sangat penting jika Anda serius tentang bisnis online Anda.

Terdapat beberapa jenis Sertifikat SSL diantaranya yaitu :

Positive SSL
SSL Positif adalah Sertifikat SSL yang paling populer dan murah yang diperkenalkan oleh CA Comodo yang paling terpercaya. Domain yang divalidasi SSL ini bisa dikeluarkan hanya dengan memverifikasi kepemilikan domain. Ini adalah solusi level pemula yang ideal. Sertifikat ini dirancang untuk mengenkripsi situs web dengan volume transaksi online rendah.

Comodo SSL
Sertifikat SSL Comodo adalah cara tercepat dan paling efektif untuk bisnis online guna melindungi transaksi nasabah. Selain biaya rendah, setiap sertifikat ini juga dilengkapi dengan paket nilai tambah yang bagus, yang membuat sempurna untuk bisnis ukuran kecil dan menengah.

Positive SSL Wildcard
PositiveSSL Wildcard - adalah Sertifikat SSL Validasi Domain, yang berarti siapa saja dapat membelinya dan Anda tidak memerlukan perusahaan yang terdaftar secara hukum untuk mendapatkan Sertifikat SSL ini.

Apa beda Positive SSL dan Positive SSL Wildcard
Sertifikat SSL Wildcard adalah yang terbaik untuk situs web yang ingin menyimpan jumlah sub domain dari nama domain utama / yang sama.

Sebagai contoh :
https://webhostingallinone.com
https://client.webhostingallinone.com

Ini akan menghemat biaya daripada membeli SSL untuk masing-masing, domain utama dan sub domain.

EV SSL
"EV" singkatan dari Extended Validation SSL, adalah jenis Sertifikat SSL baru yang dimaksudkan untuk memberi kepercayaan lebih kepada siapa Anda (entitas hukum yang telah mengajukan permohonan sertifikat ssl) dan Anda mengendalikan/sebagai pemilik situs web.

Sertifikat EV SSL memerlukan verifikasi identitas entitas peminta oleh otoritas sertifikat (CA). artinya untuk memiliki EV SSL harus berbadan hukum,

Kriteria untuk menerbitkan sertifikat EV ditentukan oleh Pedoman Extended Validasi, pada versi 1.6.1. Panduan ini dibuat oleh CA / Browser Forum, sebuah organisasi sukarela yang anggotanya termasuk memimpin CA dan vendor perangkat lunak Internet, serta perwakilan dari profesi hukum dan audit.

Itulah penjelasan tentang Sertifikat SSL, jika Anda benar-benar serius menjalani bisnis online dan menggunakan website sebagai media penunjang maka memiliki Sertifikat SSL sangatlah dianjurkan.