Tuesday, August 29, 2017

Cara Mudah Membuat File Config pada Codeigniter 3

Tutorial Codeigniter untuk Pemula
Codeigniter File Config merupakan sebuah file yang berisi data-data atau parameter-parameter tertentu untuk mengatur perilaku suatu program atau aplikasi saat program tersebut pertama kali dijalankan. File config ini memang umumnya akan dieksekusi pada saat program dijalankan. Pada setiap instalasinya, Codeigniter menyertakan sebuah file config bawaan. File ini disajikan dalam bentuk array asosiatif dengan nama $config.

Kita dapat mengubah atau menambahkan nilai-nilai pada file config bawaan Codeigniter ini untuk disesuaikan dengan kebutuhan program yang kita buat. Selain itu, Codeigniter pun memungkinkan kita membuat file config tersendiri. Dengan membuat file config secara terpisah, maka penulisan program akan lebih dikelola.

Video berikut menyajikan cara mudah menambahkan dan atau membuat file config mandiri pada salah framework bahasa pemrograman PHP yang cukup populer ini. Semoga video singkat ini dapat membantu Anda yang baru belajar menggunakan Codeigniter ini. Silakan simak video di bawah ini untuk lebih jelasnya.