Wednesday, July 20, 2016

Cara Mudah Mengganti Template Blog

Tutorial blog pemula mengenai cara mudah mengganti template blog yang menggunakan hosting Blogger. Meski Blogger menyediakan beragam template gratis dengan beragam warna, fitur, dan ukuran, namun terkadang para blogger (author blog) ingin mengganti template tersebut dengan alasan untuk menyesuaikan desain blog dengan konten yang diterbitkan, atau karena sudah merasa bosan dengan template lama.

Cara mudah mengganti template blog bawaan Blogger dapat dilakukan kurang dari 5 menit jika sebelumnya "Peralatan Perang" sudah dipersiapkan seperti gambar background, gambar header, favicon, dan konsep desain termasuk ukuran template blog dan warna dominan yang akan dipakai. Meski caranya sangat mudah tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya:

  1. Pemilihan warna background dan tulisan yang harus sesuai. Hal ini dikarenakan warna-warna tertentu sangat menggangu mata jika dikombinasikan seperi tulisan merah di atas background biru atau sebaliknya. 
  2. Pemilihan jenis dan ukuran font harus cermat. Sering terjadi jenis font tertentu khususnya jenis hand-writing yang sulit dibaca karena mirip tulisan kaligrafi. Ukuran font yang terlalu kecil dan warna font yang hampir mirip dengan warna background juga bisa mengganggu proses pembacaan misalnya warna tulisan abu muda di atas background putih atau warna kuning di atas background orange.
  3. Penempatan Menu Navigasi. Menu sebiknya ditempatkan di posisi yang mudah terlihat pembaca untuk memepermudah pembaca saat navigasi.
  4. Warna dan style link (tautan) harus berbeda dengan text tanpa link, umumnya menggunakan tulisan underline (garis bawah).
  5. Ukuran template dan tata letak (layout) yang harus disusun dengan cermat. Sebaiknya ukuran main contaner template tidak terlalu kecil.
Lebih jelasnya sahabat dapat menyimak video mengenai cara mudah mengganti template blog di bawah dengan konten:
  1. Cara mengganti template blog
  2. Cara mengganti dan menyembunyikan navbar
  3. Cara mengganti background (latar) tempalate
  4. Cara mengatur lebar template
  5. Cara menambahkan dan menghapus sidebar di blog
  6. Cara menambahkan dan menghapus gadget pada sidebar
  7. Cara mengatur posisi gadget di sidebar

Selamat mencoba!