Thursday, July 21, 2016

Cara Mengganti Template Bawaan Blogger

Blogger memiliki banyak template gratis yang bisa dikostumisasi dengan mudah. Caranya dapat dibaca di artikel sebelumnya mengenai cara mudah mengganti template blog. Tutorial blog pemula kali ini menjelaskan cara mengganti template bawaan Blogger atau dengan kata lain mengganti template blog dengan template yang bukan bawaan Blogger (www.blogger.com).

Meski template gratis yang disediakan Blogger cukup banyak dan bisa dimodifikasi kapan saja, tetapi banyak para blogger (author/admin blog) yang ingin memiliki template blog sendiri yang unik dan berbeda dengan template blog yang lain. Jika demikian setidaknya harus memahami sedikit pengetahuan mengenai HTML, CSS, dan Javascript meski tidak secara detil. Dengan memahami ketiganya, seorang blogger sudah tentu bisa membuat template blog sendiri.

Jika pemahaman tentang HTML, CSS, Javascript alakadarnya, sahabat tidak perlu khawatir karena kini sudah banyak situs yang menyediakan beragam template blog baik yang gratisan ataupun yang premium (berbayar) dengan berbagai fitur sesuai tema dan konten blog. Sebagai bahan pembelajaran, sahabat dapat mencoba mengganti template blog dengan yang gratisan dulu sebelum sahabat membeli yang premium.

Umumnya template blog gratis dan template blog premium berbeda dalam hal support dan credit link. Template gratis harus menempatkan credit link yang biasa ditempatkan di bagian footer sebagai appresiasi terhadap pembuatnya. Link ini harus aktif tanpa tag rel="nofollow" dan harus terhubung ke URL pembuatnya. Selain itu jika terjadi error atau ada hal-hal yang perlu bantuan, maka penggunana tidak mendapatkan support dari pembuatnya. Kalau sahabat membeli template premium maka sahabat akan mendapatkan live support dari pembuatnya dan tidak perlu menempatkan credit link di blog sahabat.

Lebih jelas mengenai cara mengganti template bawaan Blogger, sahabat dapat menyimak video tutorial di bawah yang menjelaskan:

  1. Cara modifikasi/ mengganti template blog
  2. Cara menghapus/menghilangkan gadget yang tidak diperlukan pada sidebar
  3. Cara cara menambah gadget pada sidebar. Dalam kasus ini saya memberi contoh cara menambahkan Search Box (kotak pencarian).
  4. Cara menyembunyikan Navbar.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!