Sunday, July 3, 2016

Cara Membuat Menu Navigasi di Blog

Menu navigasi pada sebuah blog sangat berguna bagi pengunjung untuk mempermudah navigasi atau pencarian artikel yang dibutuhkan. Menu-menu yang terdapat pada sebuah blog bervariasi karena disesuaikan kebutuhan, setiap author mempunyai kebutuhan yang berbeda untuk blognya, oleh karena itu kebutuhan menu navigasinya pun berbeda. Meski setiap blog mempunyai menu yang berbeda namun umumnya terdiri dari Home, About, Sitemap, Term of Use, Privacy Policy, dan Contact.

Ada beberapa cara membuat menu navigasi di blog. Bisa secara manual melalui pengeditan kode HTML pada template Blogger, menggunakan JavaScript, atau menggunaan fasilitas "Blogger Page" yang tersedia saat proses Add a Gadget. Pada posting ini saya menggunakan cara terakhir yakni dengan memanfaatkan "Blogger Page". Lebih jelasnya bisa dilihat pada video berikut.



Cara Membuat Menu Navigasi di Blog:
  1. Buka www.blogger.com
  2. Login dengan akun Anda
  3. Pilih blog yang akan diedit (yang akan dibuat menu navigasi)
  4. Klik "Page" kemudia pilih "New Page" untuk membuat halaman baru
  5. Beri judul "Page" tersebut kemudian pada bagian posting diisi dengan konten yang sesuai. Mislanya menu About atau Profil isinya tentang profil penulis atau hal-hal yang behubungan dengan blog itu sendiri. Contoh lain misalnya menu Contact isinya berupa nomor telepeon, email, BBM, WhatsApp, Facebook, dan lain-lain yang bisa dijadikan sarana komunikasi dan mengrim pesan.
  6. Klik "tombol "Publish" untuk menerbitkan page tersebut.
  7. Ulangi langkah ke-5 dan ke-6 untuk membuat halaman (page) baru yang nantinya akan dijadikan menu navigasi.
  8. Langkah selanjutnya adalah di halaman "Layout" dengan mengklik "Add a Gadget" dan memilih fitur Blogger Page.
  9. Tempatkan fitur Blogger Page tepat di atas posting jika menu navigasi akan diletakan di atas posting dan di bawah header.
  10. Susun urutan menu dengan cara drag and drop.
Lebih jelas mengenai cara membuat menu navigasi di blog dapat dilihat pada vidoe tersebut. Selamat mencoba!