Wednesday, April 30, 2014

Blogger Makin Disukai

Blogger Makin disukai
Siapa yang tidak kenal dengan Blogger, hosting gratis milik mesin pencari terbesar di dunia. Sepertinya Google sengaja mengembangkan terus fitur-fitur Blogger yang dapat digunakan untuk memanjakan para pengguna. Bukan itu saja, badwidth dan kapasitas penyimpanan pun sangat besar meski dibandingkan dengan hosting berbayar bahkan boleh dibilang unlimited.

Dengan Blogger siapapun dapat membuat blog gratis tanpa perlu mengetahui kode-kode pemrograman web yang untuk orang awam sangat membingungkan. Hanya dalam beberapa langkah dan dalam waktu beberapa menit, blog pun dapat dibuat dengan mudah.

Meski URL yang didapat untuk sebuah blog cukup panjang karena ada embel-embel blogspot.com tetapi jangan salah, loading-nya super cepat dan mudah diindeks oleh search engine. Google sendiri mengintegrasikan produk-produk Google dalam satu akun (all in one account). Sekali login dengan akun Google, secara otomatis kita dapat mengakses produk-produk Google lainnya seperti:
  1. Gmail
  2. Blogger
  3. Youtube
  4. Picasa Web Album
  5. Google Adsense
  6. Adword
  7. Google Analytics
  8. GoogleWebmasters
  9. Orkut
  10. Google Plus
  11. Google Map
  12. Google Drive (Google Docs)
Itu sebabnya para pengguna produk Google setiap hari semakin meningkat, termasuk tentunya Blogger. Blogger makin disukai karena selain user friendly, juga memiliki banyak fitur handal. Melalui Blogger pengguna dapat membeli nama domain sendiri (TopLevel Domain/ TLD) seperti .com, .net, .biz, dan .org. Harga domain-domain tersebut sampai tulisan ini diterbitkan adalah USD10/tahun. Pembayaran untuk nama domain tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit Visa atau Master Card.

Jika pengguna membeli TLD dari Google kemudian melakukan redirect dari blog yang dibuat, maka embel-embel blogspot akan dihilangkan dan diganti dengan nama domain sendiri. Meskipun demikian, URLlama dengan tambahan blogspot masih bisa diakses.

Jika nama domain yang dibeli di Blogger tidak diperpanjang, maka subdomain dengan tambahan blogspot masih tetap bisa diakses. Artinya artikel-artikel yang telah diterbitkan masih ada dan masih bisa diakses. Ini tentunya berbeda dengan TLD yang dibeli di penyedia hosting, selain akan expire setiap tahun jika tidak diperpanjang, artikel-artikel yang telah diterbitkan pun akan ikit hilang jika sebelumnya tidak di-back-up.

Kelebihan lain yang menyebabkan Blogger makin disukai adalah mudahnya navigasi sekalipun untuk pemula. Tanpa perlu mengetahu kode-kode pemrograman web, seorang awam dapat mengekpresikan diri melalui sebuah blog. Pengguna dapat menulis artikel, mengunggah foto, dan mengunggah video.

Bagi sahabat awam yang ingin mencoba membuat blog sendiri dengan platform Blogger, sahabat dapat mempelajarinya melalui video "Cara Membuat Blog Sendiri". (silakan diklik!)

Semoga bermanfaat.