Sunday, April 7, 2013

Memanfaatkan Kontes SEO untuk Belajar

SEO (Search Engine Optimization) sampai saat ini masih ramai diperbincangkan di dunia maya, tidak terkecuali oleh blogger newbie seperti saya sendiri :) ataupun blogger master yang sudah malang melintang di blogosphere. Tujuannya untuk meningkatkan trafik pengunjung yang datang secara natural dari search engine dengan cara melakukan optimasi blog atau website agar muncul di urutan satu SERP atau setidaknya masih di halaman pertama dengan kata kunci tertentu.

Untuk mencapai tujuan ini tentu tidak semudah "mengetuk pintu" tetapi perlu kerja ekstra keras melalui metode-metode SEO yang wajar dan bijak tanpa beresiko dapat merusak reputasi website yang dioptimasi dan tetap memperhatikan kenyamanan para pengunjung yang datang mencari informasi dengan topik tertentu. Karena hal inilah banyak sekali muncul para master yang menawarkan Jasa SEO untuk membantu para pemilik website yang tidak bisa atau tidak ada waktu untuk melakukan optimasi.

Penerapan metode SEO harus dilakukan secara off-page dan on-page agar hasilnya optimal. Salah satu implementasi dari SEO off-page adalah dengan menggelar Kontes SEO yang disebar ke para blogger untuk berlomba mendapatkan posisi paling atas di mesin pencari dengan kata kunci tertentu saat penelusuran. Peraturan dan persyaratan kontes SEO bisa berbeda tetapi umumnya hampir sama yaitu antara lain:

  1. Menulis satu artikel dengan topik yang telah ditentukan.
  2. Artikel yang dibuat harus hasil karya sendiri dan tidak boleh hasil Copy Paste.
  3. Artikel harus ditulis dengan bahasa yang baik dan benar.
  4. Jumlah minimal kata dalam posting 300-400 kata.
  5. Harus menyimpan backlink yang tertuju ke website tertentu tanpa tag rel="nofollow".
  6. Menyimpan banner atau logo kontes SEO pada halaman web/ blog yang dilombakan.
  7. URL yang dilombakan tidak boleh merupakan kata kunci yang dilombakan.
  8. Usia minimal atau maksimal blog yang dilombakan.
  9. Harus melakukan pendaftaran dengan men-sumbit URL yang akan dilombakan.
  10. Batas waktu pendaftaran dan penutupan.
  11. Harus me-like Facebook dan mem-follow Twitter
Beberapa narablog berpendapat bahwa Kontes SEO dapat beresiko membahayakan blog peserta dan blog/ website pengelola kontes dimana semua backlink tertuju ke website itu. Namun demikian terlepas dari resiko mengikuti Kontes SEO, sebagai blogger khususnya pemula dapat memanfaatkan kontes SEO untuk belajar melakukan optimasi blog. Jika sobat merasa ragu, sebaiknya tidak mengikuti kontes SEO tersebut, tetapi alangkah baiknya mengikuti setiap perkembangan para peserta kontes dengan memperhatikan setiap blog untuk memperoleh informasi sebagai referensi ketika melakukan optimasi blog sendiri.

Bagi sobat blogger yang tertarik ingin mencoba kontes SEO 2013 dan ingin memanfaatkan Kontes SEO untuk belajar melakukan optimasi dapat mencoba kontes SEO SeruuCom! (www.seruu.com) dengan kata kunci "penting, panas, perlu dan seruu" mungpung pendaftaran masih dibuka meskipun sebenarnya untuk memanfaatkan kontes SEO untuk belajar tidak perlu ikut menjadi peserta. Cukup dengan "mengawasi" perkembangan blog para peserta dengan cara mengamati dan memperhatikan metode apa yang mereka gunakan untuk melakukan optimasi, kalau perlu dapat bertanya melalui kolom komentar.

Berikut cara-caranya:
  1. Tulis kata kunci "penting, panas, perlu dan seruu" tanpa tanda kutif di search engine Google kemudian perhatikan blog yang berada di urutan 1 sampai 10 atau yang berada di halaman pertama.
  2. Kunjungi satu-persatu blog peserta kontes tersebut kemudian buat catatan kecil di Notepad untuk membandingkan antar blog mulai dari penulisan artikel, tatabahasa, penelusan target keyword, dan penulisan permalink lalu buat kesimpulan, metode SEO apa mereka terapkan.
  3. Kunjungi beberapa blog peserta yang berada di halaman 2 sampai 5 (berada diurutan 11-50) secara acak kemudian pelajari seperti langkah kedua.
  4. Ulangi langkah ke-1 sampai langkah ke-3 pada hari-hari berikutnya sampai menemukan solusi terbaik penerapan SEO.
Semakin sering melakukan pengamatan, saya pikir hasilnya akan semakin baik karena kesimpulan yang dibuat akan lebih mudah. Dari pengamatan tersebut, saya yakin sobat dapat menemukan metode SEO mana yang cocok diterapkan untuk optimasi blog sobat.
Semoga bermanfaat.