Tuesday, April 2, 2013

Keunggulan Template Blogger Responsive

Apa itu Template Blogger Responsive?
Sobat blogger mungkin sering menemukan istilah ini ketika mencari template untuk blog sobat yang menggunakan platform Blogger. Template responsive ini dapat ditemukan di beberapa situs penyedia template blog gratis ataupun template premium (berbayar) meskipun jumlahnya masih relatif sedikit. Template responsive ini tentu tidak hanya untuk platform Blogger (Blogspot), karena pada prinsipnya semua CMS seperti Wordpress dan Joomla pun dapat didesain seperti ini, hanya saja pada posting ini yang saya bahas adalah template responsive untuk platform Blogger.

Template Blogger Responsive adalah template (theme) blog dengan platform Blogger (Blogspot) yang dirancang khusus agar kompatibel untuk semua jenis gadget dan perangkat dengan ukuran layar yang bervariasi seperti pada layar PC, Laptop, Notebook, Tablet, bahkan untuk ponsel yang memiliki layar yang kecil. Dengan kata lain, tampilan blog akan menyesuaikan dengan ukuran layar yang digunakan.

Keunggulan Template Blogger Responsive
Karena sangat kompatibel dan support banyak perangkat, template ini mempunyai banyak keunggulan di antaranya:

  1. Tampilan blog secara umum tidak berubah jika diakses melalui berbagai perangkat yang mempunyai ukuran layar kecil seperti pada Phonecell dan Tablet sehingga pengakses (pembaca) tidak perlu mengganti menjadi mode akses web ketika dibuka di perangkat dengan layar kecil. Situs yang tidak didesain dengan template blog responsive akan lebih lambat dibuka jika diubah menjadi mode akses web (bukan mode mobile) sehingga biaya akses internet dapat lebih mahal karena bandwidth yang digunakan juga lebih besar.
  2. Navigasi halaman tetap mudah dan tidak terganggu meskipun dengan ukuran layar kecil baik potrait ataupun landscape seperti ukuran 240px (layar ponsel mini), 320px (layar ponsel), 480px (layar smartphone), 768px (layar tablet) dan 1024px (komputer dan laptop).
  3. Karena tampilan tidak terganggu dengan ukuran layar yang digunakan, maka penggunaan template ini dapat meningkatkan trafik pengunjung yang datang dari perangkat mobile seiring dengan perkembangan teknologi di bidang itu.
  4. Jika tema blog atau web adalah bisnis internet, maka dimungkinkan akan meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa seiring bertambahnya pengunjung yang datang.
  5. Sebagai author akan lebih mudah menulis atau mengedit posting dari berbagai media dengan ukuran layar yang beragam.
Meskipun Template Blogger Responsive memiliki beberapa keunggulan, tetapi bukan berarti template ini SEO Friendly karena untuk keperluan itu diperlukan beberapa pengeditan template yang tentunya harus mengacu pada konsep dasar metode SEO (Search Engine Optimization) yang baik dan bijak.

Di bawah ini adalah contoh tampilan blog Link Sukses yang menggunakan Template Blogger Responsive untuk ukuran layar potrait 240x320 pixel, potrait 320x480 pixel, dan landscape 480x320 pixel. Pada gambar terlihat ukuran template menyesuikan ukuran layar yang dipakai. Untuk melihat lebih banyak ukuran perangkat yang digunakan dapat dilihat di halaman Test Responsive Blogger Template (silakan klik). Di halaman tersebut sobat blogger juga dapat mencoba untuk melakukan pengecekan blog sobat, apakah termasuk template blog responsive atau tidak.

Template Blogger Responsive
Tampilan pada iPhone 3+4 landscape 480 x 320
Tampilan pada iPhone 3+4 portrait 320 x 480
Tampilan pada
Crappy Android portrait 240 x 320