Sunday, December 2, 2012

Software Simulasi Gerbang Logika

Suatu rangkaian digital yang disusun dari gerbang-gerbang logika dasar dapat dianalisa secara teori melalui simbol-simbol standar yang digambar menjadi suatu skema rangkaian digital kemudian dibuat sebuah tabel kebenaran (truth table). Tabel ini adalah representasi tertulis dari sinyal input yang diberikan dan sinyal output yang dihasilkan rangkaian tersebut.

Untuk melakukan analisa suatu rangkaian digital yang dibentuk dari kombinasi gerbang logika secara teori, setidaknya harus didukung dengan pemahaman gerbang-gerbang dasar logika dan teorema aljabar Boolean termasuk pemahaman simbol-simbol standar yang dipakai, teknik penyederhanaan aljabar, dan teknik penyederhanaan Karnaugh Map.

Hasil analisa tersebut dapat dibuktikan secara real melalui suatu alat yang biasa disebut Logic Analyzer atau Logic Trainer. Secara teori, logic 0 pada input dan output adalah notasi yang ditulis dengan angka 0 atau L (Low), sedangkang logic 1 ditulis dengan angka 1 atau H (High). Hal ini tentu berbeda dengan Logic Analyzer dimana logic 0 dan logic 1 adalah tegangan DC 0-15 Volt (atau sesuai dengan spesifikasi IC TTL atau CMOS). Namun demikian umumnya pada alat tersebut logic 0 dan logic 1 yang diberikan kepada input diwakili sebuah saklar (switch) sedangkan logic 0 dan logic 1 pada output diwakili oleh lampu, LED, atau seven segmen (7 segmen).

Berikut ini adalah beberapa contoh Logic Analyzer (Logic Trainer) yang dapat diperoleh melalui toko-toko elektronik atau melalui toko online.

Kelebihan alat tersebut selain dapat dengan mudah melihat hasil dari suatu rangkaian digital secara visual, juga dapat mempermudah pemahaman alur proses signal yang diberikan melalui saklar kepada rangkaian untuk menghasilkan output. Namun demikian, kelemahannya adalah komplekitas komponen jika digunakan untuk melakukan analisa terhadapat rangkaian digital yang lebihrumuit dan komplek. Selain itu harga Logic Trainer tersebut akan semakin mahal jika fitur-fitur komponen digital yang dapat dianalisa semakin banyak.

Selain dengan Logic Trainer, pembuktian analisa suatu rangkaian gerbang logika dapat dilakukan dengan software simulasi. Logicly, misalnya. Logicly 1.4.0. adalah software simulasi gerbang logika yang dapat melakukan analisa suatu rangkaian gerbang logika yang dapat dilihat melalui layar monitor. Saklar dan lampu pada software tersebut berupa gambar sedangkan IC gerbang logika digambarkan dengan simbol-simbol standar gerbang logika.

Simulator Gerbang Logika

Harga software simulasi tersebut adalah $29, untuk mencobanya dapat digunakan versi trial-nya (30 hari). Software tersebut dapat berjalan di Operating System Windows, Linux, dan Apple Mac OS X. Rekan-rekan yang ingin mencoba software simulasi tersebut dapat men-download-nya di  http://logic.ly/download/ atau dapat mencoba versi online-nya di http://logic.ly/demo/.

Semoga bermanfaat.

Arsip