Tuesday, December 4, 2012

Persiapan Sebelum Berbelanja Online

Bagi sobat yang sama sekali belum pernah membeli suatu produk secara online dan tertarik ingin mencobanya, mudah-mudahan opini saya kali ini dapat bermanfaat.

Sobat mungkin sudah terbiasa mengakses internet meskipun sekedar mencari informasi melalui Om Google, mengirim email, download lagu dan film, ataupun sekedar update status di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Sobat mungkin sudah terbiasa menulis artikel di blog probadi sobat, bahkan sudah terbiasa berdiskusi di berbagai forum ternama, akan tetapi belum pernah melakukan transaksi di dunia maya melalui toko online.

Beberapa teman senior blogger yang saya kenal di jejaring sosial ternyata sampai saat ini belum pernah berbelanja melalui toko online. Bukan berarti mereka tidak punya cukup uang untuk membeli produk yang mereka butuhkan, tetapi mayoritas beralasan takut tertipu.

Sekilas, alasan seperti itu dapat diterima, apalagi saya sendiri pun pernah menjadi korban penipuan salah satu layanan online (bukan toko online). Sejak saat itu saya merasa ragu dan sedikit trauma untuk menggunakan layanan online apapun termasuk toko online. Namun demikian, perlahan perasaan tersebut pudar setelah mengetahui beberepa tip menghindari penipuan online.

Jika sobat ingin mencoba berbelanja di dunia maya melalui toko online, ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan di antaranya:

  1. Koneksi internet
    Hal ini tentu merupakan kebutuhan pokok untuk dapat mengakses URL toko online melalui browser internet.

  2. Alat pembayaran
    Untuk membeli suatu produk secara online, pembeli harus mentransfer uang sebagai tanda pembayaran yang jumlahnya sesuai dengan barang belanjaan ditambah ongkos kirim. Pembayaran tersebut dapat dilakukan melalui transfer bank, Western Union (WU), Paypal, credit card, cek online, atau setoran tunai. Apapun metode pembayaran yang digunakan, alat pembayaran tetap diperlukan.

    Apabila pembayaran dilakukan melalui transfer bank, sebaiknya sobat memiliki rekening bank yang memiliki fitur internet banking untuk mempermudah dan mempersingkat waktu ketika melakukan transfer online. Hal ini bukan berarti bank yang tidak memilki fitur tersebut tidak bisa digunakan, akan tetapi proses transfer harus dilakukan melalui ATM atau dengan datang langsung ke kantor bank yang bersangkutan yang tentunya membutuhkan waktu lebih lama.

  3. Identitas dan alamat lengkap
    Agar barang yang dipesan dapat sampai tanpa kendala, nama dan alamat lengkap pembeli sangat diperlukan termasuk kode pos dan nomor telpon yang dapat dihubungi. Jangan sampai proses pengiriman terganggu atau terjadi salah kirim karena tidak lengkap menulis alamat, akibatnya barang akan sampai lebih lama dari waktu yang diperkirakan.

  4. Dana yang cukup
    Ehmm.. tentu saja ini penting, masa mau belanja gak pakai uang :)
Pada poin kedua, alat pembayaran apa yang paling tepat?
Semua metode pembayaran harus disesuaikan dengan fitur pembayaran yang disediakan toko online. Jika toko online hanya menerima pembayaran melalui Paypal atau kartu kredit, tentu saja alat pembayaran yang paling tepat adalah Paypal dan kartu kredit. Demikian juga sebaliknya, jika toko online yang sobat kunjungi hanya menerima pembayaran melalui Western Union (WU) dan transfer bank, otomatis pembayaran yang paling tepat adalah melalui transfer bank dan Western Union.

Banyak sekali toko online yang dapat ditemukan di internet dan menjual produk yang sama, sehingga terkadang menyebabkan beberapa calon pembeli merasa sedikit kebingungan, toko mana yang harus dipilih untuk membeli produk yang dibutuhkan? Berikut ini beberapa tip sebelum sobat berbelanja online:
  1. Luangkan waktu untuk melakukan survey toko online. Cari tahu reputasi toko melalui jejaring sosial atau melalui forum-forum ternama seperti Kaskus, tanyakan kepada Agan-agan senior di sana yang sudah berpengalaman. Sempatkan membaca beberapa testimoni mengenai toko online tersebut, kalau perlu hubungi salah satu di antara mereka melalui email atau telpon.
  2. Jika sobat telah menemukan beberapa toko online yang cocok, bandingkan harga dan kualitas barang yang akan dibeli dengan melihat foto atau spesifikasi barang tersebut (baru, bekas, atau rekondisi). Perlu diingat bahwa barang yang lebih murah belum tentu menguntungkan terutama dalam hal ketepatan pengiriman, garansi, dan kualitas layanan toko, demikian juga harga yang lebih mahal untuk satu produk yang sama belum tentu lebih berkualitas. Satu lagi, toko online ternama yang qualified belum tentu menyediakan produk yang berkualitas, hanya saja biasanya dari segi pelayanan dan jaminan keamanan biasanya lebih baik.
  3. Jika terdapat beberapa opsi pembayaran, pilihlah Paypal sebagai alat pembayaran online paling aman. (pen.)
  4. Jika sobat masih merasa ragu, cobalah dulu berbelanja barang yang harganya relatif murah untuk mengecek kualitas layanan, barang, dan waktu pengiriman. Kalau memang sudah yakin, sobat dapat berbelanja lagi untuk produk lain di toko tersebut.
Tip-tip di atas hanyalah opini saya, bisa benar juga bisa salah, silakan dikoreksi. Saya hanya bermaksud sharing informasi agar sobat dapat menemukan toko online paling aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika berbelanja online. Lebih baik mencegah daripada "gigit jari", benar gak?

Sobat yang belum memiliki kartu kredit atau akun Paypal dan bermaksud membeli suatu produk di toko online yang hanya menerima pembayaran melalui Paypal atau kartu kredit seperti halnya di Ebay dan Amazon, sobat dapat menggunakan layanan untuk keperluan tersebut, salah satunya di Diptara.com (blog sahabat senior saya). Di sana sobat dapat membeli produk di Ebay ataupun di Amazon sekalipun produk yang dibeli tidak bisa dikirim ke Indonesia (tidak tersedia pengiriman ke Indonesia). Serahkan semuanya kepada layanan tersebut, tata caranya dapat dilihat langsung di sini.

Semoga bermanfaat.