Thursday, December 13, 2012

Memasang Video di Dalam Posting

Selain gambar dan foto, video sering diperlukan di dalam posting untuk menjelaskan artikel yang dimaksud dalam bentuk video. Banyak narablog menjelaskan suatu tutorial melalui video, demikian juga dengan situs jual beli online yang menjelaskan suatu produk kepada konsumen melalui vido.

Penting atau tidaknya video di dalam posting tentu kembali lagi kepada masing-masing author blog yang lebih memahami maksud dari artikel yang akan diterbitkan. Meskipun demikian tidak jarang permintaan upload video justru datang dari pengunjung yang disampaikan melalui Contact form atau melalui komentar untuk menjelaskan suatu topik.

Terlepas dari penting atau tidaknya menyisipkan video ke dalam posting, di sini saya hanya menjelaskan langkah-langkahnya saja, siapa tahu ada sobat blogger yang membutuhkan tutorial ini.

  1. Siapkan video yang akan dia-upload ke dalam posting.
  2. Login ke Blogger.
  3. Buat posting baru.
  4. Letakan kursor ke posisi dimana video akan disimpan dalam posting. Video dapat disisipkan sebelum atau sesudah artikel selesai ditulis. Caranya dengan mengklik "Icon Insert a video".

    Posting Video

  5. Klik tombol "Choose a video to Upload".

    Cara posting Video

  6. Pilih file video yang tadi sudah dipersiapkan.

    File  Video

  7. Setelah dipilih akan terlihat nama file dan kapasitas video tersebut. Selanjutnya klik tombol "Upload"

    Video dalam posting

  8. Pada posting tadi akan terlihat tulisan berlatar kuning "Uploading Video ... Cancel" menandakan video tadi sedang di-upload. Tunggu saja sampai selesai, tetapi jika sobat bermaksud membatalkan, klik saja "Cancel". Pada status bar (di bawah) akan terlihat presentase file video yang sedang di-upload ke dalam posting.

    Upload video

  9. Setelah proses upload video selesai, klik tombol "Publish", hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah.

    Video di dalam posting

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!