Saturday, December 22, 2012

Mengatur Jumlah Posting Per Halaman

Jumlah artikel yang akan ditampilkan di setiap halaman termasuk halaman depan dapat diatur sesuai kebutuhan. Tujuannya antara lain untuk membatasi tulisan yang terlalu panjang ke bawah, karena untuk beberapa kasus dapat memungkinkan pembaca merasa bosan melakukan scrolling terlalu lama ketika membaca.

Jika artikel yang akan diterbitkan cukup panjang biasanya beberapa narablog membaginya menjadi beberapa bagian dengan judul yang sama tetapi diujung judul tersebut ditambahkan tulisan "Bagian I", "Bagian II", "Part 1", "Part 2", dan seterusnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi panjangnya artikel. Selain trik itu ada juga yang melakukan konversi artikel panjang menjasi file PDF sehinga seluruh artikel dapat langsung di-download oleh pembaca.

Blogger menyediakan fasilitas untuk mengatur jumlah posting di setiap halaman, caranya sebagai berikut:

  1. Login ke Blogger
  2. Sebelumnya perhatikan contoh di bawah yang menampilkan satu posting pada setiap halamanartikel tersebut sudah ditambahkan fitur "Readmore"

    Jumlah Posting
    Tampilan satu posting per halaman

  3. Langkah selanjutnya adalah masuk ke halaman "Setting" yang berada di halaman dashboard kemudian pilih "Post and comments". Di kanan atas (tanda panah merah) isi dengan jumlah posting yang akan ditampilkan di setiap halaman misalnya 3, artinya hanya tiga artikel yang akan tampil di setiap halaman

    Jumlah Posting
    Mengatur jumlah posting per halaman

  4. Simpan pengaturan tersebut dengan mengklik tombol "Save settings"

    Jumlah Posting
    Simpan pengaturan

  5. Gamabr di bawah adalah contoh setelah pengaturan tadi yaitu 3 posts per halaman

    Jumlah Posting
    Tampilan tiga posting per halaman