Wednesday, December 5, 2012

Cara Memperpanjang Domain yang Dibeli di Google

Blogger menyediakan fitur pembelian nama domain yang dapat digunakan kapan saja oleh setiap pengguna untuk melakukan upgrade domainHanya dengan melakukan sedikit setingan dan transfer $10 melalui kartu kredit, subdomain blogspot dapat dihilangkan dan diganti dengan nama domain yang kita tentukan sendiri.

Masa aktif domain tersebut adalah satu tahun, setelah itu harus dilakukan pembaruan atau perpanjangan masa aktif. Perpanjangan domain yang dibeli di Google dapat dilakukan dengan dua cara.

  1. Pembayaran otomatis
    Dengan cara ini kita tidak perlu melakukan pembayaran untuk memperpanjang domain setiap tahun karena Google akan otomatis menarik dana dari kartu kredit yang telah terdaftar ketika melakukan pembelian domain pertama kali. 
  2. Pembayaran manual
    Pembayaran dilakukan setahun sekali setelah muncul pemberitahuan perpanjanagn melalui email (biasanya sebulan sebelum domain tersebut expire).
Apapun caranya, setahun sekali pihak Google akan memberitahukan masa aktif domain tersebut tepat sebulan sebelum expire melalui email. Setiap kali melakukan perpanjangan domian, pihak Google akan memberikan opsi perubahan kartu kredit sehingga pembayaran dapat dilakukan dari kartu kredit lain yang tentunya harus masih aktif.

Pemberitahuan Perpanjangan Domain
Klik untuk memperbesar!

Jika menerima email seperti di atas, saat itu juga kita dapat langsung melakukan perpanjangan domain dengan mengklik link yang tersedia, namun demikian perpanjangan masih dapat dilakukan selama domain tersebut belum expire. Dengan mengklik link tadi kita akan dibawa ke halaman Google Wallet dan diminta untuk login kembali.

Masih di halaman itu, perubahan kartu kredit dapat dilakukan dengan memilih menu "Add a new payment method", jika data kartu kredit tidak akan diubah, klik saja tombol "Place order now" kemudian tunggu sekitar 20 detik sampai muncul pesan "Your domain registration has been extended for one year. If you have any questions about your account, please visit the Google Apps Help Center for the answers to many frequently asked questions. Click here to retrieve your purchase".

Perubahan cara pembayaran

Di bawah pesan tersebut terdapat link "Get up-to-date order progress at wallet.google.com/manage", link tersebut akan membawa kita ke halaman laporan transaksi yang kita lakukan di Google Wallet. Data-data kartu kredit, nama domain, dan identitas kita diperlihatkan pada laporan tersebut. Halaman ini dapat dicetak (print) dan akan logout sendiri jika dibiarkan beberapa menit. .

Laporan Google Wallet
Klik untuk memperbesar!

Segera setelah transaksi selesai, biasanya kita akan menerima dua email sekaligus, yang pertama dari Google Apps sebagai konfirmasi bahwa domain telah berhasil diperpanjang selama satu tahun ke depan, yang kedua dari Google Wallet yang berisi pemberitahuan bahwa dana akan segera ditarik dari kartu kredit yang dipakai untuk melakukan perpanjangan domain di Google tadi.