Wednesday, October 17, 2012

Gmail Untuk Pemula (Bagian 2)

Kehandalan Gmail dengan beragam fitur menarik menjadi daya tarik khusus hingga banyak orang tetap loyal menggunakan layanan gratis ini. Selain kapasitasnya yang besar, dari segi keamanan dan penyaringan email spam pun lebih baik jika dibandingkan layanan email gratis lain. Itu sebabnya masih banyak pengguna yang memakai Gmail gratis ketimbang email berbayar.

Bagi sobat pemula yang belum mempunyai akun email atau sekedar ingin mencoba kehandalan Gmail, detik ini juga sobat dapat melakukan pendaftaran Gmail dengan mudah. Jika sobat telah berhasil membuat email di Gmail, artinya sobat dapat sekaligus login ke produk-produk gratis Google lainnya seperti Youtube, Blogger, Calendar, Google Drive, Google Map, Google Translate,  Google Adsense, dan produk-produk Google lainnya.

Gimana? Masih tertarik untuk menggunakan Gmail? Berikut akan saya jelaskan step by step cara daftar email di Gmail.

  1. Untuk mengakses Gmail dapat dilakukan dengan beberapa cara, pertama dengan membuka google.com atau google.co.id kemudian pilih Gmail, kedua dengan membuka gmail.com, dan yang ketiga dengan membuka mail.google.com.
    Akses ke Gmail
    Akses Gmail melalui Google.co.id

  2. Pada halaman berikutnya, klik CREATE AN ACCOUNT.

    Daftar Akun Gmail
    Langkah awal pendaftaran Gmail

  3. Isi formulir pendaftaran Gmail dengan data-data yang benar, isi kode keamanan dan centang "I Agree to the Google Term of Service and Privacy Policy" kemudian klik Next Step (paling bawah).

    Form Pendaftaran Gmail
    Form Pendaftaran Gmail (bagian atas)

  4. Jika pengisian data pada langkah ke-3 benar, sobat akan dibawa ke halaman berikutnya untuk mengisi profil foto tetapi langkah ini dapat dilakukan belakangan. Selanjutnya klik Next Step.

    Add Profile Gmail
    Halaman untuk tambah profil di Gmail

  5. Jika muncul halaman seperti gambar di bawah, artinya sobat sudah berhasil membuat email di Gmail. Selanjutnya klik saja "Continue to Gmail" maka sobat akan melihat tampilan Gmail pertama kali dengan beberapa pesan dari Tim Gmail dalam inbox email.

    Akun Gmail
    Halaman ketika pertama kali berhasil daftar Gmail

    Tampilan Gmail
    Tampilan pertama Gmail

  6. Langkah selanjutnya adalah mencoba masuk ke Gmail dengan username dan password yang telah didaftarkan tadi. Caranya dengan melakukan Sign out terlebih dahulu kemudian Sign in kembali dengan menuliskan URL pada browser seperti pada langkah pertama.

    Sign Out Gmail
    Tombol Sign out

    Sign-In-Gmail
    Formulir Masuk ke Gmail

  7. Setelah berhasil masuk, sobat akan melihat halaman Google Accounts untuk mengisi beberapa data yang diperlukan sebagai pengingat jika suatu saat lupa password. Proses ini mempunyai dua opsi, pertamam melalui nomor telpon (handphone) dan kedua melalui email. Jika opsi kedua yang dipilih, sobat harus mempunyai email lain selain di Gmail. Email ini nantinya akan berguna ketika sobat lupa password.

    Google Acounts
    Halaman Verifikasi jika lupa Pasword

  8. Selesai. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!