Tuesday, October 16, 2012

Gmail Untuk Pemula (Bagian 1)

Logo Gmail
Istilah Gmail bagi sobat senior tentu sudah tidak asing lagi karena memang sudah merupakan santapan harian yang sepertinya sudah menjadi sembako yang sangat dibutuhkan. Ini berbeda dengan sebagian awam yang masih beranggapan bahwa Gmail hanyalah layanan gratis untuk mengirim email dan menerima email sebagai alternatif Yahoo Mail, padahal baik Gmail atau Yahoo Mail, selain dapat dipakai untuk mengirim dan menerima pesan online, juga mempunyai fitur-fitur yang cukup handal.

Gmail merupakan salah satu produk Google berbasis web untuk melayani surel (surat elektronik) dengan perlindungan spam yang lebih baik. Versi gratisnya saja sudah memiliki fitur-fitur yang sangat bagus dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, fitur-fitur tersebut antara lain:
  1. Lebih sedikit spam
    Gmail melakukan pem-filter-an dan pemblokiran spam sebelum masuk ke inbox, berbeda dengan layanan email gratis lain yang justru selain lebih banyak email spam, email non-spam pun sering masuk ke kotak spam.
  2. Searching (Pencarian) lebih mudah
    Ketika pengguna Gmail sudah memiliki ribuan pesan masuk dan bermaksud mencari email terdahulu, ini akan sedikit menyulitkan karena banyaknya email. Pada Gmail,  pengguna dapat dengan mudah menemukan pesan yang berisi kata "Belajar", frase "Sekolah Gratis", atau kalimat "Beasiswa di Bandung" meskipun email tersebut sudah bertahun-tahun tersimpan di inbox.
  3. Conversation (Percakapan)
    Gmail akan mengelompokan pesan-pesan masuk sesuai dengan isi pesan pertama dalam satu email yang terkait sehingga akan tercipta sebuah percakapan yang terus berlangsung dalam satu email yang sama. Percakapan (kirim dan balas pesan) akan berpindah tempat apabila subjek email berubah. 
  4. Built-in-Chat (Fasilitas Chatting yang sudah tergabung)
    Dengan satu kali klik saja pengguna dapat melakukan chatting (obrolan) dalam bentuk teks, suara, dan video.
  5. On the go (Dimana saja)
    Gmail dapat diakses kapan saja dan dari mana saja melalui PC, Phonecell, Tablet, Notebook, dan perangkat lain yang sudah support internet.
  6. Space yang besar
    Gmail menyediakan space yang sangat besar sekitar 10GB (saat posting ini diterbitkan) dan bertambah terus setiap waktu. Kapasitas ini dapat ditingkatkan lagi dengan melakukan upgrade.
  7. Panggilan Telpon Gratis
    Gmail menyediakan fitur panggilan telpon gratis, hanya saja hal ini baru berlaku untuk negara Amerika Serikat dan Canada. Sedangkan untuk negara-negara lain akan mendapatkan tarif yang lebih murah.
  8. Prioritas Inbox
    Pengguna Gmail dapat memberikan tanda bintang pada pesan masuk sebagai tanda prioritas untuk membedakan tingkat kepentingan isi pesan yang masuk (lebih jelasnya, silakan baca tulisan saya mengenai Priority Inbox pada Gmail)
  9. Keamanan
    Seperti halnya website bank, Gmail menggunakan enkripsi HTTPS untuk menjaga keamanan email pengguna (Changing the HTTPS setting).
  10. Gratis
    Semua ini gratis untuk Anda
Seseorang yang sudah mempunyai akun Gmail, username dan password yang dipakai untuk login ke Gmail tersebut akan otomatis dapat dipakai untuk login ke produk-produk Google gratis lainnya seperti Google Drive (Google Document), Blogger, Youtube, Photo, Google Wallet, Calendar, dan sebaginya. Dengan kata lain, satu akun dapat digunakan untuk mengakses banyak produk. Untuk mengakses Gmail, sobat dapat menulis salah satu URL berikut pada browser favorit sobat:
  1. gmail.com
  2. mail.google.com
  3. gmail.com/mail

Referensi: