Sunday, July 15, 2012

Membuat Daftar Isi Blog Manual

Pemasangan menu atau link Daftar isi blog atau table of content (TOD) dapat mempermudah pembaca menemukan topik artikel yang dicari di sebuah blog/ website tanpa harus melihat posting satu-persatu melalui tombol older post (posting lama) dan newer post (posting baru). Selain melalui daftar isi atau sitemap, sebenarnya pembaca dapat menemukan topik artikel sebuah blog melalui kotak pencarian (search box), itupun jika tersedia.

Cara membuat daftar isi blog otomatis dengan JavaScript sudah saya jelaskan sebelumnya. Sekedar sharing informasi, kali ini akan saya jelaskan langkah-langkah membuat daftar isi secara manual di Blogger (Blogspot) khusus bagi rekan-rekan blogger pemula yang baru mencoba membagun sebuah blog dengan platform Blogger.

Jika cara manual ini sudah difahami, sobat blogger dapat mengembangkannya dengan sedikit merekayasa kode-kode CSS dan HTML. Contoh-contohnya dapat dilihat pada Sitemap Link Sukses. Berikut caranya:

  1. Login ke Blogger
  2. Pada dashboard, pilih blog yang akan dibuat daftar isi
  3. Klik Pages kemudian pilih New page untuk membuat halaman baru (static page)

    Halaman Statik

  4. Di halaman berilutnya, beri nama  page title  (judul) dengan "Daftar Isi", "Sitemap", Table of Content", atau "Daftar isi blog", terserah sobat saja.

    Blogger Page

  5. Buka blog yang akan dibuat daftar isi ini di jendela atau tab baru (halaman ini jangan dulu ditutup) kemudian buka satu-persatu posting yang telah diterbitkan.
  6. Salin setiap URL posting yang akan dibuat daftar isi kedalam posting page tadi.

    URL Blog

  7. Pada mode Compose, tulis judul artikel kemudian buat link dengan URL yang telah dikopikan tadi.

    Membuat Link

    Membuat Tautan

  8. Ulangi langkah ke-5 sampai langkah ke-7 untuk posting yang lain. Setelah selesai, klik Publish (Terbitkan)
Daftar isi blog yang dibuat manual hanya cocok untuk blog yang baru mempunyai beberapa artikel yang telah diterbitkan. Untuk blog yang sudah memiliki banyak artikel, cara ini kurang efektif dan akan sedikit merepotkan karena URL setiap posting harus dibuka satu-persatu untuk disalin sebagai link di halaman daftar isi blog.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!