Saturday, June 30, 2012

Yahoo Koprol Akan Ditutup

Koprol-Blog
Hari ini saya mendapat email dari Yahoo Koprol mengenai penghentian Yahoo Koprol, sebuah jejaring sosial made in Indonesia berbasis lokasi.

Melalui Koprol, seorang pengguna dapat mengetahui lokasi pengguna lain berdasarkan lokasi karena Koprol akan menghubungkan anggotanya yang berada di lokasi yang sama.

Kata Koprol sendiri menurut para pembuatnya (Satya Witoelar, Fajar Budiprasetya, dan Daniel Armanto) memiliki arti orang gelinding yang kemudian diartikan oleh mereka sebagai perpindahan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Ini dirasa sesuai dengan target pengguna Koprol yang merupakan orang yang mobile (Wikipedia).

Yahoo Koprol yang didirikan akhir Juli 2008 ini resmi akan ditutup tanggal 28 Agustus 2012. Penutupan ini tentu saja tidak berpengaruh terhadap akun Yahoo, hanya saja bagi para Koproller yang sudah terlanjur menyimpan (meng-upload) berbagai data dan informasi dapat melakukan Export Data (Profil, Posting, Review, Check-In, dan Gambar) di m.koprol.com/export. Export data online dapat dilakukan kapan saja sebelum tanggal 28 Agustus 2012  dan hanya bisa lakukan sekali saja.Untuk pengguna yang pernah membuat Koprol Business Profile, Anda bisa menyimpan profil, postingan, dan gambar yang Anda sudah upload, langsung ke komputer Anda. Waktunya telah tiba untuk mengucapkan selamat tinggal ke Yahoo! Koprol, (Koprol Blog).

Merurut Tempo.co, penghentian ini adalah akibat imbas kebijakan PHK yang diberlakukan Yahoo. Kebijakan ini ditempuh kurang dari dua setengah tahun sejak media sosial berbasis chek-in ini dibeli Yahoo!. "Dalam kuartal yang akan datang kami akan menghentikan atau melakukan transisi beberapa produk yang tidak memberikan revenue atau engagement yang berarti," tulis Yahoo! seperti tertulis dalam blog Koprol.