Saturday, March 17, 2012

Electronics Simulation Software

Banyak faktor penting yang harus dikuasai untuk memahami cara kerja sebuah sistem rangkaian elektronik secara menyeluruh. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah pemahaman notasi dan sismbol-simbol elektronik, karakteristik dan cara kerja setiap komponen elektronika, pemahaman membaca skema elektronik, dan pemahaman terhadap hukum Ohm dan Hukum Kirchoff baik di dalam rangkaian seri maupun rangkaian paralel.

Dengan penguasaan materi pokok tersebut, kita dapat dengan mudah memahami dan menjelaskan cara kerja sebuah sistem elektronika melalui sebuah rangkaian nyata, skema elektronik, atau hanya berupa rangkaian virtual seperti dalam sebuah software simulasi elektronik. Bukan hanya itu, melalui proses penganalisaan yang benar, kita dapat merekayasa menjadi sebuah rangkaian elektronik baru dengan fungsi yang berbeda.

Perancangan dan penganalisaan sebuah rangkaian elektronik dapat dilakukan melalui perakitan sementara pada Project Board (Bread Board). Setelah benar-benar berhasil, rangkaian prototype tersebut dapat diterapkan pada sebuah PCB (Printed Circuit Board).

Cara lain untuk melakukan perancangan dan penganalisaan sebagai sebuah penelitian elektronika ketika membuat rangkaian baru atau sekedar rekayasa dapat dilakukan melaui program simulasi elektronik. Hal ini memungkinkan penghematan biaya dengan menghindari kemungkinan kerugian jika terjadi kerusakan komponen.

Salah satu software simulasi elektronik sederhana untuk merancang dan menganalisa rangkaian elektronik adalah Livewire. Dengan program ini kita dapat membuat rangkaian eletronika dengan memberi nilai-nilai dan tipe setiap komponen elektronika dan menghubungkan komponen-komponen tersebut menjadi sebuah sistem elektronik seperti rangkaian nyata.

Electronics Simulation Software

Software Livewire versi 1.11. ini cukup kecil (sekitar 4,5 M) tetapi memiliki fungsi dan fitur yang cukup banyak terutama untuk melakukan penganalisaan detil sebuah rangkaian elektronik dengan mengukur titik-titik (terminal) yang diperlukan.

Electronics Simulation Software

Proses pengukuran virtual dilakukan dengan cara memasang alat ukur yang diperlukan seperti Volt Meter untuk mengukur tegangan, Ampere Meter untuk mengukur besarnya arus yang mengalir, dan Osciloscope untuk melihat bentuk gelombang pada titik tertentu. Jika sebuah rancangan berhasil dibuat, maka hasil analisa akan menunjukkan nilai-nilai yang sesuai dengan perhitungan, setelah itu rancangan tadi siap dirakit menjadi sebuah rangkaian nyata pada sebuah PCB.

Link Download:
http://www.ziddu.com/download/18910522/Livewire1.11Pro.zip.html
Selamat mencoba,semoga bermanfaat.