Wednesday, September 21, 2011

Meningkatkan Pengunjung Blog Tanpa Iklan

Tafik pengunjung yang bagus tentu menjadi target para blogger apalagi tema blog tersebut adalah bisnis online yakni blog yang di-monetize misalnya sebagai publisher situs iklan seperti PPC Indonesia atau Google Adsense. Salah satu indikator trafik yang bagus adalah besarnya angka rata-rata pengunjung dan page view harian.

Sering kita jumpai berbagai metode untuk meningkatkan pengunjung blog, salah satunya melalui iklan berbayar, Google Adword misalnya. Dengan sedikit penerapan SEO, trafik blog dapat ditingkatkan seperti penataan tag HTML, title blog, nama domain, dan tukar link.

Berikut adalah cara meningkatkan pengunjung tanpa iklan yang saya simpulkan dari salah satu blog yang dibangun dengan platform Blogspot. Mohon maaf jika metode ini tidak cocok bagi Anda, yang jelas semua saya ambil dari pengalaman saya setelah mencoba saran dari beberapa narablog senior, dan ternyata terbukti berhasil.

Sebelum melakukan metode ini, sebaiknya pasang dulu Sitemeter atau Google Analytics untuk melihat laporan lengkap dan perkembangan trafik blog di masa yang akan datang.
  1. Submit URL Blog ke search engine
  2. Verivikasi blog tersebut di Google Webmaster, Bing Webmaster, Alexa, dan Yahoo Explorer
  3. Buatlah posting unik sebanyak-banyaknya (sebaiknya bukan hasil copy paste) dengan memilih kata kunci yang tepat (ini yang paling penting). Untuk keperluan ini dapat menggunakan layanan gratis Google Keyword Tool External
  4. Setelah blog cukup umur dan jumlah posting yang banyak, dapat mulai melakukan tukar link dengan blog yang setema dan bertrafik bagus.
  5. Rajin melakukan blogwalking ke blog yang setema kemudian tulis komentar yang berkualitas pada blog tersebut,  usahakan tidak menulis komentar yang dapat merusak reputasi blog
  6. Ping blog tersebut setiap kali posting baru diterbitkan, misalnya ke pingomatic, jangan melakukan ping terlalu sering tanpa ada artikel baru yang dipublikasikan
Jika sobat memiliki waktu senggang dapat melakukan metode tambahan di bawah:
  1. Mengoptimalkan posting lama
  2. Menyempurnakan tampilan blog melalui dekorasi template/ theme dan kemudahan navigasi. Banyak pengunjung merasa betah dan berlama-lama di sebuah blog dengan tampilan yang bagus
  3. Optimalkan kode CSS dengan mengkompresi kode CSS
  4. Ketika posting gambar usahakan kapasitas file gambar tidak terlalu besar karena dapat memperlambat loading blog. Banyak pengunjung yang tidak sabar menunggu loading blog yang telalu lama. Untuk tujuan ini dapat menggunakan Photoshop.
  5. Kurangi penggunaan widget atau script yang dapat memberatkan blog seperti animasi, lagu, dan video
Periksa perkembangan trafik blog melalui Sitemeter atau Google Analytics yang telah dipasang sebelumnya. Jika mayoritas pengunjung berasal dari search engine, artinya blog sudah mulai popular. Lakukan pemeriksaan ini secara berkala dan teratur untuk mengetahui topik yang paling banyak diminiti dan halaman yang paling sering dibuka.

Teruslah menulis yang berkualitas. Makin banyak makin baik.
Posting, posting, dan posting....!