Wednesday, September 28, 2011

Menampilkan Posting Blog di Twitter

Banyak bogger memanfaatkan Twitter untuk menyampaikan pesan singkat kepada followers. Pesan ini dapat berupa informasi singkat yang ditulis instan atau dapat pula berupa ringkasan dari posting sebuah blog, biasanya menampilkan beberapa karakter dari paragraph pertama. Jadi, selain pesan di Twitter dapat tampil di blog, posting di blog juga dapat ditampilkan secara otomatis di Twitter tanpa perlu login ke Twitter dan tanpa menulis langsung seperti pesan tadi.

Sobat pemula yang ingin mencoba menampilkan posting blog di Twitter dalam bentuk ringkasan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login ke TwitterFeed (http://twitterfeed.com/), atau jika belum menjadi member silahkan daftar dulu, gratis!
  2. Klik Create New Feed

    Twitter Feed

  3. Tulis nama Feed dan RSS blog yang akan diposting di Twitter, centang Active Checkbox, kemudian klik Continue to Step 2. Rss Feed dapat dites dulu dengan mengklik test rss feed (Setiap blog RSS-nya berbeda!). Advance setting dapat dilakukan belakangan jika diperlukan

    Twitter Feed

  4. Pilih Twitter, di halaman berikutnya masukan akun Twitter kemudian klik Create Service

    Twitter Feed

    Twitter Feed

  5. Jika muncul kalimat Feed Publishing artinya RSS blog sudah aktive dan posting blog akan tampil di Twitter.

    Twitter Feed

  6. Klik All Done! sampai muncul Congratulation!

    Twitter Feed

Kini, setiap kali artikel baru ditulis dan dipublikasikan melalui blog akan otomatis tampil di Twitter. Penerapan metode ini dapat meningkatkan pegunjung blog.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!