Thursday, September 8, 2011

Menampilkan Hasil Pencarian Goolge di Salah Satu Halaman Blog

Google AdSense for Search dapat diletakan di mana saja pada halaman blog sesuai selera, misalnya pada header atau pada sidebar yang berfungsi untuk menampilkan data situs yang terindek Google ketika dicari melalui kotak pencarian. Hasil pencarian tersebut dapat ditampilkan pada jendela baru (tab baru), pada jendela yang sama, atau pada salah satu halaman blog yang bersangkutan.

Untuk menampilkan hasil pencarian pada salah satu halaman blog yang bersangkutan caranya hampir sama dengan menampilkan hasil pencarian pada jendela baru. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke Blogger
  2. Buat posting baru dengan title "Hasil Pencarian", "Hasil Penelusuran", atau apa saja sesuai selera. Kosongkan posting kemudian terbitkan. Tanggal posting dapat juga dituakan (diseting tanggal lama agar tidak menjadi posting terbaru yang akan tampil di halaman depan)
  3. Catat URL posting kosong tersebut (boleh juga disimpan di Notepad) letaknya di address bar browser internet
  4. Ikuti langkah ke 1-13 pada posting sebelumnya (Memasang Google Adsense for Search) kemudian ikuti langkah di bawah sampai selesai
  5. Opening of search results page : Pilih salah satu, apakah hasil pencarian akan tampil di jendela yang sama, di jendela baru, atau di halaman blog itu sendiri. Pilih Open results within my own site. Tentukan lebar tampilan hasil pencarian (harus disesuaikan dengan lebar halaman blog yang berisi posting
  6. Pada Ad Location pilih Top and Bottom

    Hasil Pencarian

  7. Atur warna tampilan penelusuran sesuai selera atau dapat diserasikan dengan warna blog kemudian klik Continue.
  8. Beri nama misalnya Link Sukses Engine kemudian klik Submit and Get Code

    Hasil Penelusuran

  9. Kali ini ada dua kode yang harus disalin. Kode pertama di bagian atas dan kode kedua di bagian bawah. Kode pertama disimpan pada bagian blog misalnya pada header atau pada sidebar dengan cara Add a Gadget kemudian pilih HTML/JavaScript. Paste kode tersebut kemudian Save

    Hasil Penelusuran

  10. Edit posting kosong yang baru diterbitkan. Pilih mode HTML (bukan mode Compose) kemudian Copy Paste kode kedua pada posting tersebut. 
  11. Terbitkan posting yang telah berisi kode kedu
  12. Hasilnya akan terlihat ketika pada kotak pencarian Google ditulis kata yang dicari setelah itu tekan Enter atau klik Search, maka hasil pencarian akan ditampilkan pada halaman blog itu sendiri atau pada URL posting kosong yang baru diterbitkan.
  13. Selesai
Selamat mencoba, semoga bermanfaat!