Monday, September 5, 2011

Membuat Menu Animasi Dengan CSS

Menu Animasi
Menu Animasi kali ini tidak menggunakan program Javascript dan tanpa menggunakan gambar sama sekali. Menu Animasi dibuat dengan kode CSS dan HTML, hanya saja kemungkinan beberapa browser lama belum mendukung. Animasi menu ini sudah saya uji dan bekerja normal di browser terbaru Mozilla Firefox dan Google Chrome.

Agar lebih menarik, warna latar dapat diganti dengan gambar seperti halnya tombol menu dengan gambar, namun satu hal yang perlu diperhatikan, kapasitas file gambar jangan tertalu besar karena selain dapat menghemat bandwidth juga dapat mempercepat loading.

OK, berikut adalah langkah-langkah membuat menu animasi dengan CSS.
  1. Sebaiknya back-up dulu tempate blog sebagai cadangan jika terjadi error.
  2. Salin salah kode CSS di bawah kemudian simpan bersama-sama dengan kode CSS yang lain (pada Blogspot biasanya disimpan di atas tetapi kode ]]></b:skin (<style type="text/css> dan </style>)  di bawah dihapus (tidak perlu dikopikan). Kode CSS dapat juga disimpan di bagian Widget blog dengan cara Add Gadgate, atau diletakan pada posting pada mode HTML (bukan pada mode Compose). Untuk kedua opsi terakhir kode <style type="text/css> dan </style> harus ikut dikopikan.
  3. Salin kode HTML di bawah dan tempatkan sesuai kebutuhan, misalnya pada widget atau pada posting.
  4. Ganti Home, About, Contact, Downloads, dan Privacy beserta URL masing-masing sesuai link yang besangkutan
  5. Simpan dan publikasikan/ terbitkan.
  6. Selesai
Contoh 1. Menu Animasi Berputar dan Membesar

Kode CSS 1

Kode HTML 1

Hasilnya




Contoh 2. Menu Animasi Membesar
Kode CSS 2

Kode HTML 2


Selamat mencoba, semoga bermanfaat!