Monday, June 27, 2011

Membidik Kata Kunci

Bagi pakar SEO kata kunci sudah menjadi santapan harian yang tak mungkin terlewatkan untuk memaksimalkan eksistensi sebuah situs di mesin pencari (search engine). Salah satu tujuan mereka membidik kata kunci adalah untuk mengoptimasi situs supaya berada di urutan teratas SERP (Search Engine Result Page). Untuk keperluan itu, mereka memanfaatkan berbagai tool dan menerapkan berbagai metode mulai dari yang gratisan sampai yang cukup mahal dengan harapan situs mereka berada di posisi atas saat pencarian melalui search engine.

Pada dasarnya tujuan utama penerapan SEO (Search Engine Optimization) adalah untuk meningkatkan pengunjung sehingga informasi yang tersaji di sebuah situs/ blog dapat sampai ke banyak orang. Hal ini sangat penting apalagi bagi pebisnis online atau bagi member Google Adsense. Tak heran banyak blogger yang tertarik belajar SEO sekaligus memperdalam ilmu yang sangat polpuler di blogosphere . Makin handal metode yang digunakan, kemungkinan hasil yang diraih pun akan lebih maksimal.

Lantas dari mana datangnya pengunjung? Kalau kita perhatikan melalui Google Analytics, pengunjung yang datang ke sebuah blog di antaranya berasal melalui Search Engines, Direct Traffic, dan Referring Sites. Ketiga hal ini merupakan poin-poin penting dalam Ilmu SEO.

Ketika orang mencari informasi dengan menulis kata kunci melalui mesin pencari seperti Google. Yahoo, dan Bing, kemudian membuka salah satu situs yang tampil, orang tersebut merupakan pengunjung yang datang melalui search engine. Apabila seseorang membuka sebuah situs dengan menulis langsung alamat URL pada browser internet, ini disebut direct traffic. Sedangkan apabila yang berkunjung ke sebuah situs melalui URL situs lain, itu adalah pengunjung yang berasal melalui Referreing Sites (cmiiw!)

Bagi sobat pemula, Google menyediakan layanan gratis Google Keyword Tool External sebagai tool online yang dapat membantu menemukan kata kunci yang tepat. Berikut adalah beberapa langkah menentukan kata kunci agar blog lebih optimal. Saya ambil sebuah contoh kata kunci mengenai Bisnis Internet dengan search engine Google berdasarkan data yang saya ambil tanggal 26 Juni 2011.

  1. Tulis kata "bisnis internet" pada kotak pencarian Google kemudian perhatikan jumlah pesaing situs/ blog dengan kata kunci tersebut. Pada gambar terlihat sekitar 54.5000.000.

    Kata Kunci

  2. Buka Google Keyword Tool External untuk melihat competitor pengiklan Google Adword. Pilih bahasa dan lokasi Indonesia, centang "Exact" kemudian klik "Search". Di sini terlihat kata kunci "bisnis internet" dicari sekitar 8.100 orang/bulan dengan competitor yang tinggi (High Competition).

    Google Keyword Tool

  3. Masih pada Google Keyword Tool, ganti kata kunci "bisnis internet" menjadi "belajar bisnis internet" dan lakukan seperti langkah kedua. Terlihat pencari kata kunci "belajar bisnis internet" sekitar 480 orang/bulan dengan medium competitor.

    Google Keyword Tool External

  4. Kembali ke Google search engine, tulislah kata kunci "belajar bisnis internet" kemudian klik "Search". Kali ini terlihat pesaing situs blog dengan kata kunci "belajar bisnis internet" sekitar17.900.000, artinya blog yang membahas mengenai "belajar bisnis internet" lebih sedikit daripada blog/ situs yang membahas "bisnis internet".

    Kata Kunci
Ketika kata kunci berhasil ditentukan, jadikan kata kunci tersebut menjadi judul (title) posting dan bahas di beberapa paragraph. Usahakan isi posting harus relevan dengan kata kunci yang tadi dibuat judul.

Dari contoh di atas, kata kunci "bisnis internet" memiliki pencari bulanan yang banyak tetapi memiliki pesaing yang banyak pula, sebaliknya kata kunci "belajar bisnis internet" memiliki pesaing dan jumlah pencari yang sedikit.

Di sinilah logika diperlukan sebagai dasar perhitungan cermat, pilih kata kunci dengan pesaing dan pencari yang banyak atau kata kunci dengan pesaing dan pencari sedikit? Idealnya tentu dicari kata kunci dengan pencari yang banyak dan pesaing yang sedikit.

Menurut Anda seberapa pentingkah sebuah kata kunci untuk mengoptimalkan sebuah blog?