Tuesday, June 21, 2011

Iklan yang Sedikit Memaksa

Tampilnya iklan pada sebuah blog adalah hal yang wajar dalam me-monetize blog. Iklan tersebut dapat berupa banner, text, video, audio, Google Adsense, PPC Indonesia atau iklan lainnya. Penempatan iklannya pun bervariasi, misalnya pada header, sidebar, footer, bahkan ada juga yang sengaja meletakan iklan di dalam posting. Semua tentu sah-sah saja dan sepenuhnya menjadi hak pemilik blog.

Saya yakin Anda pernah mengunjungi salah satu blog yang saya sebutkan tadi, namun pernahkah Anda menjumpai blog dengan iklan yang menghalangi konten utama. Di dalam iklan tersebut terdapat tulisan berupa saran untuk melakukan klik pada salah satu iklan agar jendela iklan tertutup dan konten pun dapat terbuka. Kesimpulannya, informasi yang kita butuhkan terhalang iklan dan untuk menghilangkannya harus melakukan klik pada salah satu iklan yang tampil.

Sekalipun penempatan dan desain iklan seperti itu merupakan hak blogger yang bersangkutan sebagai salah satu teknik me-monetize blog, namun pendapat saya (maaf) iklan tersebut sedikit memaksa pengunjung. Kenapa? Pengunjung tidak dapat membaca informasi yang tersaji sebelum melakukan klik pada salah satu iklan. Di samping itu informasi yang pernah saya baca melalui beberapa situs penyedia iklan, justru mereka melarang anggotanya (publisher) melakukan cara-cara yang menurut mereka melanggar, seperti mengklik iklan sendiri atau menyuruh pengunjung melakukan klik pada iklan tersebut. (Tolong dikoreksi!)

Terlepas dari boleh tidaknya penempatan iklan seperti itu, di sini saya hanya ingin sharing informasi mengenai cara menutup iklan tanpa harus melakukan klik karena mungkin saja suatu saat Anda memang membutuhkan informasi dari blog tersebut dan Anda tidak mau mengklik iklan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghilangkan jendela iklan jika Anda pengguna browser internet Mozilla Firefox:

  1. Pada menu browser di bagian atas klik Tools kemudian pilih Option

    Browser Mozila-1

  2. Pada Tab Content, Enable JavaSript jangan dicentang

    Browser Mozila-2

  3. Klik OK kemudian refesh halaman tersebut dengan menekan F5
  4. Selesai
Memang tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukan klik pada iklan agar jendela iklan tertutup dan konten utama pun terbuka tetapi semua terserah Anda. Pertama dapat menutup dan meninggalkan blog tersebut, kedua dapat melakukan klik pada iklan agar informasi dapat terbaca, itung-itung memberi penghargaan dan apresisi terhadap pemilik blog, dan ketiga dengan cara di atas (point 1-3)
.
Kira-kira apa yang akan Anda lakukan jika menjumpai blog dengan tampilan iklan seperti itu, sedang Anda sendiri membutuhkan informasi dari blog itu?