Sunday, June 12, 2011

Hosting Gratis 000webhost.com

000webhost
Pengguna 000webhost.com semakin hari semakin banyak termasuk dari Indonesia. Ketertarikan tersebut tentu bukan tanpa alasan jelas.

000webhost.com sebagai salah satu penyedia hosting, memberikan layanan gratis kepada free member berupa fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk belajar membuat blog atau website. Fitur tersebut sudah cukup baik dan cocok sebagai awal pembelajaran sebelum mencoba hosting yang berbayar bahkan space dan bandwidth yang diberikan lebih besar dari beberapa hosting berbayar.

Untuk setiap free member diberikan subdomain gratis,  penyimpanan 1500M, dan bandwidth 100.000MB (100GB), pada Control Panel tersedia fitur Website Builder yang merupakan CMS untuk membantu membuat sebuah website seperti di Yola, Wix, dan di Weebly. Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah Fantastico Autoinstaller yang dapat digunakan pengguna untuk instalasi script CMS di bawah ini:
  1. Wordpress
  2. B2evolution
  3. Joomla
  4. Drupal
  5. PhpWebsite
  6. Phpbb
  7. Simple Machines
  8. OsCommerce
  9. Coppermine, dll
Contoh, apabila Anda akan membuat blog dengan Wordpress, Anda dapat meng-upload Script Wordpress melalui File Zilla. Cara kedua untuk instalasi Wordpress dapat dilakukan melalui Control Panel  yaitu dengan memilih Fantastico Autoinstaller, pilih Wordpress, tepat dibawahnya klik New Installation. Untuk Script CMS lain dapat dilakukan langkah yang sama. Selamat mencoba!

Cara daftar ke 000webhost.com
  1. Pada browser, buka www.000webhost.com
  2. Klik Sign Up
  3. Isi form pendaftaran
    Jika Anda sudah memiliki domain sendiri dapat diisi pada kolom pertama untuk menggunakan layanan gratis dari 000wbhost.com tetapi rekomendasinya adalah dengan membuat nama domain baru dengan subdomain yang ditentukan oleh 000webhost misalnya belajar-web.comxa.com. Lanjutkan proses pendaftaran dengan mengisi nama dan password kemudian klik Create My Account.

    Daftar Webhost

  4. Jika berhasil akan tampil seperti gambar di bawah. Klik Activate Account untuk mengaktifkan akun belajar-web.comxa.com paling lama 24 jam setelah itu klik Back to Account List. Username dan password untuk upload file melalui FTP (misalnya dengan File Zilla) akan otomatis tampil di sebelah kanan beserta jumlah space yang telah digunakan.

    000Webhost

  5. Klik Confirm My Email kemudian buka email Anda untuk aktifasi. Link aktifasi akan terkirim melalui email tersebut. Jika berhasil maka akan tampil seperti gambar di bawah.

    Akun Webhost

  6. Sampai langkah ini pendaftaran selesai. Di bawah ini adalah beberapa fitur pada Control Panel.

    Control Panel 000Webhost