Thursday, April 28, 2011

Folder Central Ver. 1.1

Posting kali ini saya akan bagi-bagi software gratis, barangkali saja ada yang membutuhkan. Software ini saya buat sendiri dengan Visual Delphi 7 dengan nama Folder Central Versi 1.1. Sesuai dengan namanya program ini saya buat dengan tujuan untuk mengklasifikasikan folder pada komputer (PC) yang mempunyai banyak partisi dan folder.

Bagi sobat yang hanya mempunyai folder sedikit pada komputer tentu saja program ini kurang bermanfaat karena cukup dengan klik kanan pada Start Windows kemudian Explore maka forlder pun akan langsung terlihat. Lain halnya apabila sobat memiliki folder yang lumayan banyak dengan sub-sub folder yang banyak pula sesuai dengan kategori file. Jika kondisinya seperti itu software ini dapat membantu mengklasifikasikan folder berdasarkan kategori sehingga jika suatu saat akan membuka sub folder yang berada jauh (atau folder yang panjang), kita cukup memilih nama pengguna kemudian klik buka folder. Pengguna di sini dapat berupa nama folder, nama kategori, atau nama pengguna folder tersebut misalnya AHMAD, DENI, LAGU, GAMBAR, PROGRAM, FOTO, dan sebagainya.

Program ini saya buat khusus untuk pflatform Windows tetapi saya belum mencobanya di Windows 7. Bagi sobat yang membutuhkan source kode Delphi program ini, silahkan hubungi saya pada menu Kontak atau pada kotak komentar di bawah.

Cara instalasi Folder Central Ver. 1.1

  1. Download terlebih dahulu programnya di http://www.4shared.com/file/oljVbZWN/FC_online.html
  2. Extract file FC.rar kemudian dlam folder FC klik setup
  3. Tulis password yang ada di Facebook Link Sukses
  4. Ikuti proses instalsi sampai selesai.
Cara menggunakan Folder Central Ver. 1.1
Cara menggunakan program ini sangat mudah semudah kita meng-explore file di Windows. Pertama double-click icon berbentuk map kuning bertulisan FC pada desktop setelah terbuka pilih saja menu yang sesuai.
  1. Untuk menambah pengguna baru atau kategori folder baru, klik Pengguna Baru kemudian isi data-data yang diperlukan seperti Nama, Folder, dan Keterangan. Setelah itu klik Simpan. Jika sudah, klik Selesai.

    FC

  2. Untuk pengisian Folder, browse saja folder tujuan kemudian OK.
  3. Untuk membuka folder, pilih Nama Pengguna yang telah didaftarkan kemudian klik Buka Folder.

    FC

  4. Untuk menghapus pengguna, klik Nama Pengguna pada tabel, klik tanda minus (-), kemudian OK setelah muncul pesan "Delete Record?".
  5. Minimize berfungsi untuk menyimpan icon program di tray sudut kanan bawah.
  6. Untuk keluar program, klik keluar, tanda silang (X), atau klik kanan pada icon kemudian pilih keluar.
  7. FC
Program ini sangat sederhana oleh karena itu saya tunggu koreksinya, semoga bermanfaat.