Tuesday, April 19, 2011

Cara Menjadwal Posting Pada Blogspot

Posting teratur pada blog atau website tentu sangat baik apalagi dengan topik News (berita) yang membutuhkan update berita setiap hari sesuai tuntutan pembaca, sekalipun berita tersebut bukan merupakan informasi aktual (terhangat) tetapi setidaknya dapat berupa informasi lain yang disesuaikan minat pembaca.

Idealnya sebuah situs dapat menyajikan informasi baru setiap hari dan itu tentu cukup mudah jika didukung oleh tim yang handal dan professional. Bagaimana dengan personal blog? Dimana penulis, pendesain, dan publisher adalah satu orang saja? Saya yakin sobat pernah mengalami paceklik ide dimana tidak ada topik yang dapat diposting. Bagaimana solusinya?

Pengalaman saya pada saat kita sedang mood, semangat menulis, dan banyak ide, tulislah sebanyaknya-banyaknya artikel sesuai ide tersebut tetapi jangan dulu diterbitkan (dipublikasikan), Buatlah jadwal posting misalnya satu hari satu artikel. Jika tidak sempat nulis, catat ide-ide tersebut pada secarik kertas atau dalam notepad sebagai draft posting nanti.

Berikut adalah cara menjadwal posting pada Blogspot:

  1. Saat menulis artikel (posting) klik "Post Option" di kiri bawah.
  2. Pilih "Schedule at" pada radio button di kanan bawah.
  3. Tentukan jam dan tanggal posting.
  4. Klik "Publish Post".
  5. Tunggu. Artikel tersebut akan dipublikasikan secara otomatis pada jam dan tanggal yang telah ditentukan.
Jadwal Posting