Thursday, February 3, 2011

Label Pada Posting Blogspot

Manfaat label pada posting
Pada Blogger, label berfungsi untuk mengklasifikasikan artikel yang ditulis berdasarkan kategori sehingga title yang tampil pada Related Post (Artikel Terkait) akan sesuai dengan posting yang berlabel sama. Sebuah posting bisa saja dipublikasikan tanpa menyertakan label apabila posting tersebut sangat singkat atau penulis merasa tidak memerlukan label pada tulisan tersebut.

Penulisan label dilakukan saat menulis artikel, tepatnya di kanan bawah kotak editor posting Blogger. Label tersebut akan disimpan dan dapat digunakan lagi saat memerlukan label yang sama. Untuk memilih label yang sudah dibuat sebelumnya dapat dilakukan dengan cara klik "Show all" tepat disamping kotak label. Perlu digaris bawahi, jika saat pertama kali menulis label dengan huruf kecil, maka ketika kita menggunakan label yang sama dengan huruf besar, label tersebut akan tetap tampil dengan huruf kecil, demikian juga sebaliknya.

Penulisan label sebaiknya disesuaikan dengan topik tulisan dan tidak terlalu banyak, misalnya tulisan yang diposting tentang Bisnis Online, label yang digunakan sebaiknya disesuaikan seperti  "Bisnis Online", Online Busines", "Tip Bisnis Online" dan sebaginya (bukan semuanya dan jangan menggunakan label yang hampir serupa) agar saat pengunjung mencari artikel berdasarkan label, tidak akan tampil artikel yang sama secara berulang dengan label yang berbeda.

Apabila sudah terlanjur membuat banyak label yang hampir sama, kita dapat menghapus label posting tersebut tanpa masuk ke dalam posting yang bersangkutan, selain itu kita dapat menerapkan label baru pada itu. Caranya akan dibahas di bawah.

Referensi :

  1. Blog Tutorial
  2. Islam-Download.net
Pentingkah label dalam posting?
Jawaban dari pertanyaan bervariasi tergantung dari Blogger itu sendiri, yang jelas penulisan label pada posting akan mempermudah pengkategorian topik pembahasan bahkan beberapa blogger menjadikan label sebagai menu kategori dalam sebuah blog untuk memudahkan pengunjung mencari artikel yang diinginkan.

Label Posting

Menampilkan Label
Setelah label dibuat berdasarkan topik pembahasan, kita dapat menambahkan  widget label pada Blogger. Untuk menampilkannya, masuk ke bagian design, page element, kemudian klik Add a Gadget dan pilih Labels. Gadget tersebut dapat disimpan pada sidebar kiri, sidebar kanan atau di bawah posting dengan cara drag Gadget tersebut kemudian Save.

Label Posting

Label yang telah dibuat dapat terlihat sebagai List, Cloud, atau Animated Cloud.

Label Pada Blogspot

Menurut Anda, seberapa pentingkah label dalam sebuah posting?

Cara menghapus label di Blogspot
  1. Login ke Blogger.
  2. Pada Dasbor pilih Edit Entri.
  3. Tentukan judul posting yang akan diedit labelnya dengan cara mencentang checkbox.
  4. Klik Aksi Label.
  5. Scroll ke bawah sampai menemukan Hapus Label.
  6. Pilih label posting yang akan dihapus. Untuk membatalkan penghaspusan label (Undo), klik Batalkan.
Cara membuat label baru pada postingan yang sudah dibuat
  1. Ikuti langkah 1-4 di atas.
  2. Pada Aksi label, pilih Label Baru...
  3. Tulis label baru yang sesuai dengan posting kemudian klik OK.
  4. Selesai
Informasi lebih jelas mengenai cara menghapus label dan cara membuat label baru, dapat dilihat pada video tutorial di bawah yang dapat di-download. Semoga bermanfaat.
http://www.metacafe.com/watch/5888096/cara_menghapus_label_pada_posting/ (Video Tutorial)
Download video tutorial cara menghapus label dan menambahkan label baru pada posting Blogspotdi http://www.4shared.com/video/34W9Uvvu/delete-label.html