Saturday, September 4, 2010

Priority Inbox Pada Gmail

Priority
Priority Inbox (kotak masuk prioritas) dapat membantu kita sebagai pengguna Gmail untuk menghemat waktu saat melakukan pembacaan, pencarian atau pengorganisasian email yang masuk berdasarkan prioritas kepentingan. Fungsi dari Priority Indox pada Gmail memang tidak akan begitu terasa kalau email yang masuk sedikit apalagi kalau pengirim email masih itu-itu juga. Berbeda jika kita mendapat banyak email yang masuk dan pada saat tertentu membutuhkan filter untuk menyeleksi email mana yang termasuk sangat penting (prioritas) dan email mana yang tidak.

Fitur baru dari Gmail ini dapat mengidentifikasi secara otomatis pesan penting masuk dan memisahkannya dari email lain sesuai prioritas yang telah ditentukan sebelumnya oleh user. Coba kita click Priority Inbox pada sidebar kiri Gmail. Di sana akn terlihat pesan masuk yang telah dikelompokan dalam tiga bagian yaitu :Penting dan belum dibaca, Bintang dan Email lain yang tidak termasuk prioritas. Jadi pada sidebar sebelah kiri Gmail bertambah satu menu di atas Inbox yaiotu Priotity Inbox. Untuk menggunakan fitur ini, kita bisa membuka http://gmail.com/priorityinbox.

Priority Inbox

Untuk mengatur email mana yang termasuk penting (prioritas) atau tidak, caranya centang saja kotak kecil disamping email masuk setelah itu click tanda plus (+) untuk dijadikan email penting dan tanda minus (-) untuk dijadikan email kurang penting.

Priority Inbox

Catatan: Prioritas Inbox tidak sepenuhnya tersedia di Gmail pada perangkat mobile.