Thursday, August 12, 2010

Menampilkan Avatar Saat Menulis Komentar

Gmbar Avatar
Ini adalah pendapat saya untuk salah satu pengomentar Link Sukses yang bertanya mengenai cara menampilkan avatar saat menulis komentar:

Ok....mudah-mudahan penjelasan saya di bawah dapat memberikan sedikit solusi cara menampilkan avatar yang dimaksud saat memberikan komentar pada suatu blog atau website.
.....Saya baru belajar blog sekitar dua bulan, dan kini saya sedang membuat sebuah blog mengenai lagu dan musik menggunakan Blogspot. Kalau boleh saya tahu, kenapa setiap saya menulis komentar pada blog orang lain tidak ada foto kecil saya di samping komentar tersebut, sedangkan pengomentar-2 yang lain memiliki foto di samping komentar masing-masing. Padahal saya sudah mengupload foto saya pada profile di Blogspot.....
Foto atau gambar kecil yang biasa muncul pada komentar biasa disebut Avatar. Avatar biasanya dijadikan identitas dengan karakter tersendiri pemiliknya. Avatar akan tampil pada komentar apabila penulis komentar tersebut sudah terlebih dahulu memiliki gambar atau foto yang terdaftar pada Gravatar (Globally Recognized Avatar atau avatar yang dikenali secara global. Di samping itu gambar avatar hanya akan tampil pada blog atau website yang support atau enable avatar.

Berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Siapkan gambar atau foto yang akan dijadikan avatar dengan ukuran yang tidak terlalu besar, cukup 200 x 200 pixel atau lebih kecil. Anda dapat mengedit foto tersebut menggunakan Photoshop atau foto editor lainnya.
  2. Buka gravatar.com kemudian daftar (gratis) dengan memasukan alamat email Anda yang akan dijadikan identitas saat memberikan komentar pada suatu blog.
  3. Periksa email notifikasi dari gravatar, setelah itu click link konfirmasi.
  4. Tulis username (tanpa spasi) dan password untuk login ke gravatar.
  5. Setelah menjadi member gravatar, anda bisa login dan mulai mengupload foto atau gambar yang akan dijadikan avatar.
  6. Crop gambar yang tidak diperlukan.
  7. Selesai.
  8. Coba dengan memberikan komentar pada blog yang support avatar dengan menggunakan alamat email yang terdaftar pada gravatar.com
Cara mengganti foto avatar pada komentar.
  1. Login ke gravatar.com dengan username dan password Anda.
  2. Click Manage My Gravatars pada menu My Account.
  3. Click add a new image
  4. Upload foto bru sebagi penggati atau alternatif.
  5. Click foto yang baru diupload untuk dijadikan primary. Click Confirm.
  6. Selesai.
  7. Silahkan coba memberikan komentar baru pada sebuah blog yang suppoert avatar atau refresh blog yang tadi dimana anda telah menulis komentar. Maka avatar Anda akan berubah, bahkan avatar pada komentar-komentar sebelumnya yang menggunakan email yang sama juga akan berubah.
(Mohon maaf, link sownload video tutorial sedang direvisi)

Berikut ini adalah beberapa link yang berhubungan dengan cara membuat avatar (avatar creator), Semoga bermanfaat :
  1. http://www.southparkstudios.com/avatar
  2. http://doppelme.com/create/wardrobe.asp
  3. http://illustmaker.abi-station.com/index_en.shtml
  4. http://www.weeworld.com
  5. http://www.moonjee.com/action/funny.php