Sunday, June 27, 2010

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Browser Opera Mini dan BlackBerry

Pada posting sebelumnya saya pernah berbagi informasi singkat mengenai browser internet terbaik berdasarkan spesifikasi dan review para pengguna. Mozila Firefox masih menduduki peringkat teratas, diikuti oleh Google Chrome, Internet Explorer, Opera, Safari, dan brower internet lainnya, Pada artikel lain saya pernah menginformasikan mengenai Opera Mini dan Opera Mobile dan kelebihan masing-masing browser tersebut. 

Kali ini Anda akan mendapat pencerahan dalam bentuk informasi  mengenai kelebihan dan kekurangan Browser Opera Mini dan Blackberry melalui artikel yang di tulis oleh Mas Joko Sutarto.


Penulis : Joko Sutarto
Blog : Diptara Blog ( http://diptara.com)

Joko
Kalau berbicara browser terbaik pada desktop, rasanya saat ini masih belum ada yang mengalahkan dominasi si rubah merah Firefox sebagai browser yang paling banyak dipakai para netter di seluruh dunia. Tapi kalau berbicara mobile browser, sepertinya browser Opera Mini tetap yang menjuarai sebagai browser yang paling banyak dipakai oleh pengakses internet dari ponsel, selain beberapa mobile browser lain bawaan vendor ponsel seperti Nokia browser, Blackberry browser, Safari browser pada iPhone, Chrome pada Android dsb. Dan data statistik di blog ini, sudah menguatkan pendapat saya tersebut.

Di kalangan pengguna BlackBerry, selain adanya browser bawaan BB, Opera Mini menjadi salah satu browser recomended yang perlu ditambahkan ke perangkat BlackBerry. Alasannya? Kedua browser ini, BB dan Opera Mini memang saling melengkapi karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Untuk kali ini saya akan memberikan sedikit review kelebihan dan kekurangan antara browser Opera Mini dengan browser BlackBerry berdasarkan pengalaman pribadi saya menggunakan kedua browser tersebut. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya.

Opera Mini

Kelebihan
  1. Kecepatan akses browsingnya sangat cepat. Terutama pada Opera Mini versi 4. Adanya sistem kompresi data yang dilakukan oleh server Opera dalam setiap akses penggunanya membuat kecepatan browser Opera Mini sulit tertandingi. Opera sendiri mengklaim katanya bisa melakukan kompresi load data sampai 90%. Baca review saya di Jabarview.com.
  2. Instalasi sangat mudah.
  3. Besaran file source dan instalasinya sangat kecil.
  4. Multi platfom. Hampir bisa dinstall di semua merk ponsel java, maupun hampir semua ponsel jenis smartphone.
  5. Gratis.
Kekurangan
  1. Disisi TRUST kurang memberikan rasa aman karena sifat gratis dan bebasnya ini. Data jejak akses user seperti data login dan password terekam semua di server Opera karena adanya sistem portal server yang menjembatani browsing Anda.
  2. Beberapa web malah menjadi amburadul Template blog-nya jika dibuka dengan Opera Mini.
  3. Beberapa blog jika setting template komentar di blognya diberikan frame kotak drop down tidak bisa terbaca semua komentarnya dari Opera Mini.
  4. Pada Opera Mini versi 5 (terbaru) dan Opera Mobile versi 10 lebih boros baterai dan kecepatannya sedikit lambat, tak secepat seperti versi sebelumnya.
  5. Kalau Anda berlangganan BIS (Blackberry Internet Service) pakai Telkomsel, jika browsing menggunakan browser selain bawaan BB, Telkomsel akan mengenakan biaya charge pemakaian GPRS tambahan diluar biaya berlangganan BIS Anda.

BlackBerry

Kelebihan
  1. Kecepatan akses browsingnya sangat cepat. Mirip dengan Opera Mini karena adanya sistem kompresi yang dilakukan oleh server Blackberry (RIM).
  2. Dari sisi TRUST lebih terjamin karena diakses oleh user yang terbatas, hanya yang sudah berlangganan BIS BlackBerry saja, dan juga lalu-lintas datanya dienkripsi.
  3. Tidak perlu repot instal karena sudah include di OS BlackBerry.
  4. Banyak situs pihak ketiga ramai-ramai memberikan dukungan aplikasi support buat browser BB. Contoh situs berita seperti Detik, Kompas dan film 21 dsb menyediakan BB launcher-nya secara gratis.
  5. Setiap halaman web yang dibuka lewat browser BB secara otomatis diadaptasi menjadi tampilan mobile version oleh browser BlackBerry.

Kekurangan
  1. Tidak gratis karena harus berlangganan BIS unlimited dulu baru bisa pakai browser BB.
  2. Tidak bisa berkomentar pada blog engine blogspot yang mode setting comment-nya pakai opsi Embed Comment. Yaitu form komentar disemat dibawah artikel.
  3. BlackBerry rawan disalahgunakan untuk tujuan negatif, seperti untuk nyepam karena IP address pada browsernya yang selalu berubah-ubah terus serta tak mudah dideteksi jejaknya oleh beberapa aplikasi web statistik tertentu. Baca artikel saya sebelumnya "IP Spy Alert, Tool Gratis Untuk Mata-mata".
  4. Dari segi tampilan, browser BlackBerry kalah menarik dengan Opera Mini yang tampilannya jauh lebih bagus, yang mirip dengan browser versi desktop.

Itulah diantaranya kelebihan dan kekurangan browser Opera Mini dan BlackBerry. Setidaknya, ini sesuai dengan pengalaman pribadi saya yang telah sekian lama menggunakan kedua browser tersebut pada kedua ponsel saya. Jika ada yang masih terlewat, silahkan Anda tambahkan di kolom komentar, terima kasih.
--------------------------