Tuesday, April 6, 2010

Mengoptimalkan Posting Lama

SEO untuk Pemula
Tulisan ini saya sajikan khusus buat blogger pemula untuk mengoptimalkan posting lama. Kenapa?....bukan maksud saya untuk menggurui atau sok tahu, tetapi justru saya membutuhkan koreksi dan masukan positif dari teman-teman senior kalau-kalau saya keliru dalam menyampaikan informasi ini walaupun sebenarnya artikel ini saya tulis berdasarkan berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Ok kita lanjut saja...bro. Istilah "Tak kenal maka tak sayang" saya kira bisa juga diterapkan pada suatu posting dengan maksud yang sedikit berbeda. Kalau kita menyangi blog yang kita bangun, maka kenalilah blog tersebut agar terjadi timbal balik yang seimbang, demikian juga apabila kita menyangi tulisan pada blog yang kita bangun, maka kitapun harus mengenalinya. Salah satu  timbal balik yang kita harapkan adalah meningkatnya trafik pengunjung, dengan demikian mereka yang akan mendapatkan informasi melalui tullisan kita akan lebih banyak dengan harapan tentunya akan memberikan manfaat kepada mereka.

Dengan mengenali artikel yang kita tulis, maka kita dapat dengan mudah menyebarluaskan informasi kepada pembaca dengan bahasa yang jelas. Disamping itu, kita akan bisa mereply setiap komentar dari pembaca yang meminta sedikit penjelasan mengenai artikel yang bersangkutan. Kalau kita sudah mengenalinya, maka kita pun bisa mulai memperkenalkan artikel tersebut dengan cara mempublikasikannya sehingga akan menjadi santapan informasi setiap pengunjung.

Coba kita luangkan sedikit waktu untuk menganalisa satu saja artikel yang telah kita posting (posting lama), lalu tanyakan pada diri kita Apakah artikel tersebut pernah dikunjungi?, Dari mana asal pengunjung tersebut?, Berapa lama pengunjung berada pada halaman itu?, dan masih banyak pertanyaan yang harus dijawab untuk mengoptimalkan posting yang bersangkutan. Untuk mengetahui data-data dari pertanyaan-pertanyaan di atas, kita bisa mengunakan Google Analytics atau script sejenis lainnya.

Apabila hasil yang kita peroleh melalui Google Analytics tidak begitu memuaskan, maka lakukan analisa untuk mengoptimalkan posting lama agar tulisan kita sedikit SEO friendly karena saya pikir mengoptimalkan posting lama tidak kalah penting dengan membuat posting baru terutama pada saat kita kesulitan mencari ide.
  1. Buka Google Keyword Tools.
  2. Pilih "Descriptive words or phrases" pada radio button, tulis kata kunci (keyword) yang sesuai dengan artikel yang sedang dianalisa misalnya "cara bikin blog", tulis kode scurity, kemudian click "Get Keyword Ideas"

    SEO untuk Pemula

  3. Terlihat jelas bahwa kata kunci (keyword)  "cara bikin blog" memiliki competitor pengiklan yang cukup banyak. Orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci "cara bikin blog" setiap bulannya adalah  6.600, "cara buat blog" adalah 14.000, dan "cara membuat blog" adalah 49.500.

    SEO untuk Pemula

  4. Berdasarkan hasil dari Google Keyword Tools di atas, maka penggunaan keyword "cara membuat blog" akan lebih baik daripada keyword "cara buat blog" karena memiliki data pencarian setiap bulan yang lebih banyak (49.500) dengan competitor pengiklan yang lebih sedikit.
  5. Apabila pada artikel yang sedang dianalisa memiliki kata kunci "cara buat blog", coba diganti dengan kata kunci "cara membuat blog" agar lebih optimal.
  6. Ulangi langkah penganalisaan keyword di atas untuk keyword yang lain yang sesuai dengan tema posting. Ganti kata kuci yang kurang peminat dengan kata kunci yang mirip tetapi lebih banyak peminatnya. Jangan lupa, persentase competitor juga harus kita pertimbangkan.
  7. Sebagai tambahan (mudah-mudahan dapat membantu), untuk mencari artikel yang paling banyak dicari berdasarkan Istilah Penelusuran, Lokasi, dan Rentang Waktu dapat menggunakan Google Insights For Search.
  8. Periksa kembali, apakah kata kunci yang bersangkutan sudah diberi penekanan tulisan (bold, strong, atau emphasis). 
  9. Perikasa lagi penulisan kode HTML untuk judul artikel seperti heading dan sub-heading yang harus menggunakan (H1, H2, H3, dst).
Tolong dikoreksi!