Friday, April 16, 2010

Block User di Facebook

Block User di Facebook
Kita tahu bahwa pengguna (user) Facebook setiap hari terus meningkat termasuk pengguna yang berada di wilayah Indonesia. Di antara mereka bahkan ada yang memiliki lebih dari satu account dengan email dan username yang tentunya berbeda.

Mereka yang memeliki account Facebook lebih dari satu tersebut tentu memiliki tujuan yang beragam, bahkan di antaranya ada yang bermaksud kurang baik. Facebook sendiri sampai saat ini kesulitan untuk mencegah terjadinya hal itu karena pengguna yang bersangkutan menggunakan alamat email dan username yang berbeda.

Meningkatnya anggota Facebook terkadang dapat menimbulkan masalah di antaranya diskusi atau pesan-pesan private yang sedikit mengandung unsus permusuhan dan fitnah, ditambah lagi para hacker yang dapat dengan mudah menggunakan account seseorang untuk dipakai dengan maksud yang kurang baik.

Berdasarkan alasan tersebut, beberapa pengguna Facebook sengaja membuat Account yang lain untuk keperluan yang berbeda,  untuk menghapus account lama mereka merasa sayang karena sudah banyak teman yang bisa diajak berinteraksi positif. Adakalanya seseorang pada Facebook (friend) sengaja atau tidak melakukan pekerjaan yang kurang baik yang berulang melalui tulisan atau chatting, bukannya saling memaafkan tetapi justru berlanjut dengan permusuhan pribadi. Salah satu solusinya, user bisa memblokir mereka yang sekiranya dapat menimbulkan diskusi yang kurang enak bahkan diperkirakan akan meningkat menjadi permusuhan (Personal War).

Berikut adalah cara block user di facebook :
  1. Login ke Facebook dengan username dan password Anda.
  2. Pada menu Account, click Privacy Setting.
  3. Click Block List.
  4. Tulis nama orang yang akan di block pada kolom Person atau alamat email pada kolom email kemudian click Block.
  5. Untuk membuka (unblock) orang tersebut, caranya sama dengan langkah ke-1 dan ke-2 kemudian click remove.
  6. Selesai.
Seseorang yang telah di block pada Facebook akan terdapat pada Block List dan selama belum di-unblock, maka orang yang bersangkutan tidak bisa mengirim pesan (PM), melihat profile, comment, bahkan account Anda pun tidak akan ketemu pada saat dilakukan pencarian baik berdasarkan email ataupun nama orang.

Untuk mengembalikan ke kondisi semula, maka orang yang bersangkutan harus add friend kembali, itu pun harus di-unblok terlebih dahulu. Jadi dengan kata lain yang memblokir tidak akan bisa ditemukan walaupun dicari pada teman lain (temannya teman dan seterusnya).

Menurut Anda memblokir seseorang di Facebook, penting atau terpaksa? Atau memang belum pernah mengalaminya?