Tuesday, March 30, 2010

Membuat Website Dengan Yola

Banyak sekali situs yang menyediakan fasilitas gratis untuk membuat sebuah blog atau website misalnya Blogspot.com, Wordpress.com, Wix.com, Yola.com dan sebagainya.

Situs penyedia seperti ini dapat kita manfaatkan sebagai sarana untuk belajar membangun sebuah website atau blog khusunya bagi pemula yang baru mulai atau tertarik untuk mencoba membuat sebuah website perdana tanpa biaya (kecuali biaya internet).

Tentu saja nama domaindari website yang kita bangun melalui mereka akan sedikit panjang namun kita dapat melakukan upgrde jika suatu waktu kita tetarik untuk menggunakan nama domain sendiri serta fasilitas hosting yang lebih baik.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan garis besar cara membuat website dengan Yola.com (dulu namanya Synthasite.com), caranya sangat mudah yaitu daftarkan diri Anda, buat website, kemudian publish dan perlihatkan ke seluruh dunia.

Langkah-langkah membuat website dengan Yola :
  1. Buka Yola.com.
  2. Login dengan email dan password Anda, kalau belum menjadi member, silahkan sign up (daftar) terlebih dahulu.
  3. Click "Create a New Site" (tombol berwarna merah di kanan atas).
  4. Pilih Website Category misalnya "Personal"

    Membuat website dengan Yola

  5. Tulis Website Name misalnya "Cara Membuat Website", nantinya akan menjadi title website.
  6. Click "Next, pick a style".
  7. Pilih style template gratis yang Anda suka, akana muncul kalimat "Sit back and relax while we put your website together. It will only take a few moments." Tunggu sebentar.

    Membuat website dengan Yola

  8. Untuk pengeditan atau menambah sidebar, gambar, HTML, Text, dan sebaginya. Drag and drop option di sidebar kanan untuk dipindahkan ke sidebar kiri kemudian click untuk dilakukan pengeditan.
  9. Pada sidebar kanan terdapat dua tab menu yaitu widget yang bisa di drag ke sidebar kanan dan property untuk melakukan setingan pada website yang baru dibangun tersebut. Cara melakukan settingan pada property ini adalah dengan cara click bagian widget di sidebar kiri, maka akan terlihat property di sebelah kanan.

    Membuat website dengan Yola

  10. Setingan dan pengeditan yang lain silahkan dicoba sendiri, kalau kurang jelas silahkan tanyakan pada kolom kmentar di bawah, mudah-mudahan saya bisa menjelaskannya.
  11. Setelah segalanya selesai, Anda bisa mempublishnya dengan cara click Publish to the Web (tombol berwarna hijau di atas sidebar kiri). Tetapi alau belum yakin, Anda isa melihat website Anda dengan Preview di bagian kanan atas.
  12. Jangan lupa setelah selesai membangun website segera lakukan verifikasi, submit sitemap, optimasi SEO, submit ke berbagai search engine, dan promosikan.
  13. Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Silahkan baca artikel yang berhubungan di bawah ini :
  1. Cara membuat blog dengan Blogspot.com
  2. Cara membuat blog dengan Wordpress.com
  3. Cara membuat website dengan WIX.com

    Arsip