Wednesday, February 3, 2010

7 Keajaiban Diptara Blog

Diptara Blog
Belajar Dari Website Lain saya pikir merupakan salah cara yang cukup ampuh untuk meningkatkan kualitas blog kita, karena dengan hal itu kita bisa memperhatikan segala keistimewaan dan kelemahan dari blog atau website yang akan kita jadikan sebagai acuan untuk memperbaiki blog kita. 

Sebelumnya saya pernah mereview salah satu website teman saya jabarview.com dan pada postingan kali ini saya coba membuat sedikit ringkasan mengenai 7 Keajaiban Diptara Blog blognya Mas Joko. Apa yang perlu diperhatikan dan apa yang perlu dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas blog kita dimasa yang akan datang dari web site tersebut. Berikut adalah beberapa metode untuk menjadikan blog atau website lain sebagai contoh positif.
  1. Perhatikan dan pelajari artikel yang menjadi konten utama.
  2. Bahasa dan cara penyampaian dari artikel tersebut.
  3. Respon terhadap komentar.
  4. Tema artikel yang ditulis
  5. Internal anchor text yang elegan.
  6. Link partner yang relefan.
  7. Layout termasuk font dan warna.
  8. Kemudahan navigasi.
Berikut adalah review saya mengenai 7 Keajaiban Diptara Blog atau boleh dibilang 7 Keistimewaan yang perlu kita contoh dari Diptara Blog. Maaf sebelumnya saga tidak mita izin dulu sama Mas Joko (Author diptara.com). Kalau keberatan saya akan mengapus postingan yang ini.

1. Layout yang sederhana dan menarik
Penempatan menu, link partner, iklan, statistic, dan artikel sangat baik sehingga orang awam sekalippun akan dengan mudah mencari artikel yang diperlukan melalui My Archive, Search Box, Categories atau dengan menanyakan langsung melalu YM dan Chat Box. Di samping itu penempatan iklan yang sederhana dan tidak terlalu banyak membuat pembaca tidak merasa terganggu pada saat menyimak isi artikel.

Kecuali website yang dirancang khusus dengan tujuan iklan, banyak pembaca atau pengunjung yang tidak menyukai iklan terlalu banyak, iklan dalam bentuk animasi, iklan pop-up baik front atau back window, dan iklan dalam bentuk suara yang mengharuskan pembaca mendownload terlebih dahulu file suara tersebut.

2. Warna dan jenis font yang serasi
Kombinasi antara warna, jenis, dan ukuran font baik pada sidebar, menu, link, anhor text, dan artikel sangat cocok dan tidak monoton sehingga besar kemungkinan akan membuat suasana betah para pembaca. Perhatikan pada beberapa posting yang sengaja diibuat dengan ukuran font yang besar demikian pula dengan warna untuk memberikan intensitas atau penekanan pada kata, phrase, atau kalimat yang bersangkutan.

3. Sidebar yang variatif
Diptara Blog memiliki beberapa kategori pada sidebar yang tentu saja sudah dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan pembaca atau pengunjung diantaranya :
  • Translator, sangat berguna apabila pengunjung yang datang bukan berasal dari  Indonesia atau tidak mengeti bahasa Indonesia.
  • MyArchive, untuk mencari artikel lain yang telah diposting sebelumnya.
  • Follow Me on Titter, dengan widget ini pengunjung dapat ikut atau menjadi follower Diptara Blog sehingga akan mendapat informasi dari author langsung pada account Twitter pembaca.
  • Guest Book, bentuk gues tbook pada blog ini sangat unik yaitu dengan menggunkan Chat Box sehingga pengunjung bisa chatting secara langsung baik dengan pengunjung lain ataupun dengan authornya.
  • BlogRoll, sidebar special yang dirancang khusus untuk link para partners Diptara Blog.
  • Statistic, indikator untuk mengetahui statistik blog termasuk Google Pagerank, Alexa Rank, jumlah pengunjung, dan sebagainya.
  • Life Traffic, salah satu fungsi dari widget ini adalah untuk mengetahui asal pengunjung blog.
  • Categories, sidebar ini berfungsi untuk  mempermudah pembaca dalam mencari artikel berdasarkan kategori atau label.
4. Judul artikel yang unik dan menarik
Setiap judul dari artkel yang diposting pada Diptara Blog "didesain" dengan ide-ide yang sangat baik untuk menciptakan sebuah karya tulis dengan title yang unik sehingga pembaca (termasuk saya) penasaran untuk membaca seluruh artikel yang bersangkutan. sebagai contoh :
  • 7 Cara Mencurangi Google.
  • Antara Menulis Email, Melempar Asbak dan Mengumpat di Twitter.
  • Unlimited Yang Tidak Mendidik.
  • Iklan Yang Mengusik.
  • Antara Rumah Sakit International dan Hotel Bintang Lima.
  • Apa Godaan Terbesar Ngeblog.
  • Blog Yang Manusiawi.
  • Cara Elegan Mengcopas Artikel Orang Lain.
  • Dan banyak lagi sialkan dihat sendiri pada Diptara Blog.
5. Navigasi yang Mudah
Diptara Blog memiliki 4 buah menu utama yaitu Home, About Me, Contact, dan Link Exchange. Dengan menu tersebut semua kontent saya pikir sudah cukup terwakili karena sudah disempurnakan dengan sidebar yang baik.

6. Image yang menarik
Hampir pada setiap artikel yang diposting pada Diptara Blog disisipkan image atau gambar yang sesuai dengan tema artikel sehingga membuat pembaca lebih betah untuk membaca artikel dan kemungkinan besar akan kembali untuk berkunjung.

7. Posting yang teratur
Hampir setiap hari saya lihat ada saja postingan baru yang dipublish oleh Mas Joko, bahkan banyak dari postingan tersebut yang saya kagumi karena manfaat dari isi artikel terebut, disamping itu dari judulnya saja saya sudah penasaran untuk membacanya. Ini adalah salah satu kebiasaan yang harus dicontoh oleh semua blogger termasuk master sekalipun yaitu Posting secara periodik.


Semua keistimewaan di atas adalah penyebab ketertarikan saya untuk "meniru" blognya Mas Joko. Tak heran rasanya Google pun memberikan penghargaan dengan Google Pagerank 3 bahkan Alexa rank yang sangat bagus, menandakan blog ini banyak pengunjungnya.

Setiap kali mengunjungi blog ini, saya sering terpancing untuk meunculkan ide-ide yang bagus dan menarik. Bagi saya Diptara.com adalah salah satu sumber Ide yang brilian. Rasanya penasaran kalau saya tidak mengunjungi Diptara Blog, dalam satu hari saya bisa 10 kali bahkan lebih mengunjungi blog ini, kenapa? ya itu tadi untuk mencari ide-ide bagus yang nantinya akan mencadi tema pada artikel yang akan saya publish pada posting berikutnya.

Terima kasih Diptara, terima kasih Mas Joko. Semoga Bermanfaat.
Catatan: Diptara Blog kini sudah mengalami banyak perubahan.