Monday, January 25, 2010

SMADAV Naik Daun

Smadav 2010 Versi 8 telah dirilis

Sebagai antivirus terbaru gratis, reputasi Smadav semakin baik ditandai dengan meningkatnya pengguna antivirus tersebut termasuk pemakai pribadi dan perusahaan bahkan beberapa programmer dan user mengatakan "Smadav Naik Daun". Team Smadav sendiri membuat dua versi yang berbeda untuk kepentingan tersebut, versi pertama yaitu Smadav Free dan versi kedua adalah Smadav Pro yang lebih sempurna. Hanya dengan memberikan donasi dengan jumlah yang tidak ditentukan, user bisa mendapatkan antivirus Smadav Pro.

Ativirus Smadav Pro mempunyai banyak fitur tambahan yang tidak terdapat pada Smadav Free, ini bukan berati Smadav Free tidak bagus untuk menanggulangi virus, tetapi dengan menggunakan antivirus Smadav Pro, user akan mendapatkan banyak fitur-fitur tambahan yang bermanfaat, disamping itu user dapat memberikan donasi untuk perbaikan Smadav di masa datang.

Fitur tambahan pada Smadav pro tersebut antara lain  : Update Otomatis Online, Scanning 10x Lebih Cepat, Exception List, Maximize/Resize, Mengganti Warna Tema, Bahasa Indonesia/Inggris, Password Admin, dan Izin Penggunaan Profit.

Sebagai antivirus lokal, Smadav tidak kalah bagus dengan antivirus impor, selain memiliki versi gratis, kapasitas file yang kecil, juga mampu mengamankan komputer dari berbagai virus lokal yang tersebar di Indonesia dengan kecepatan tinggi. Tak heran rasanya Samadav dikenal dengan sebutan "Anti Virus Tercepat".

Versi terbaru antivirus Smadav 2010 ver. 8 ini dirilis tanggal 12 Januari 2010, anda bisa download smadav free. Sebagai user kita juga bisa membantu pengembangan Smadav dengan berbagai cara diantaranya :

  • Memberikan kritik atau saran untuk pengembangan,
  • Melaporkan adanya bug atau virus baru dengan mengupload sample virus tersebut pada virus4.com,
  • Memberikan donasi tanpa batasan nilai,
  • Menjadi anggota team yang serius dengan mengirimkan email ke smadav@gmail.com,
Lisensi Smadav Free
Smadav Versi gratis ini adalah software tak berbayar (freeware) yang boleh digunakan oleh siapa saja selama bukan untuk kepentingan profit atau komersial. Smadav Free hanya boleh digunakan untuk kepentingan pribadi dan boleh disebarluaskan dan meng-copy ke komputer lain selama tidak merubah isi folder asli Smadav. Jadi Smadav Free ini tidak boleh digunakan pada suatu lembaga profit seperti warnet, instansi bisnis, perkantoran, rental, studio, perusahaan, dan lembaga profit lain. Untuk kepentingan tersebut harus menggunakanan Smadav Pro.

Lisensi Smadav Pro
Untuk mendapatkan Smadav Pro, user harus menjadi donatur Smadav terlebih dahulu, donasi tersebut dikirm ke beberapa rekeneing yang telah ditunjuk oleh admin Smadav (detailnya silahkan kunjungi smadav.net) dengan jumlah yang tidak ditentukan. Setelah itu kirim email sebagai konfirmasi ke smadav@gmail.com dengan menyertakan identitas untuk mendapatkan Registration Key yang berfungsi untuk mengaktifkan Smadav Pro. Resistration Key ini akan aktif selama satu tahun sejak antivirus ini diaktifkan.

Berdasarkan pemakaiannya, Smadav Pro ini dibagi menjadi tiga tipe yaitu:
  1. Smadav Pro untuk Personal,
  2. Smadav Pro untuk Warnet,
  3. Smadav Pro untuk Perusahaan.
   
Penyempurnaan pada Smadav 2010 Revisi. 8 (sumber informasi dari smadav.net) :
  • Penambahan database 23 virus lokal baru dan perbaikan beberapa false positive,
  • Teknik heuristik baru yang bisa mendeteksi varian virus lokal dengan mudah asalkan salah satu variannya sudah ada di-database,
  • Teknik heuristik VBS lebih akurat dan bertambah cerdas,
  • Lebih stabil untuk digabung dengan semua AV internasional (mendeteksi AV lain di komputer dan jika tidak ada akan menyarankan AV internasional untuk segera di-install),
  • Scan flashdisk sangat cepat hanya 5 detik (Smad-Ray) tidak hanya men-scan bagian terluar flashdisk saja, tapi juga sampai semua file di flashdisk,
  • Smadav Pro yang di-password tidak mempunyai hak akses untuk mengubah registry dengan Smadav
  • Notifikasi (Balloon Tray) awal pada saat start-up sudah tidak ada lagi,
  • Smad-behavior sudah sempurna dan dengan tampilan baru ketika memperingatkan user,
  • Konfirmasi penambahan folder autorun.inf untuk pengebalan flashdisk sesaat setelah flashdisk terpasang, user bebas memilih untuk mengebalkan flashdisk-nya atau tidak,
  • Folder Smad-Lock/Brankas Smadav tidak lagi otomatis ditambahkan di FD tapi harus manual lewat tab Smad-Lock,
  • Penambahan tombol "more" di SMARTP alert. 


Semoga Bermanfaat!