Sunday, January 17, 2010

Peringatan Google

Meningkatkan Google Pagerank
Google Pagerank (PR) merupakan salah satu indikator penghargaan dari Google sebagai search engine terbesar di dunia pada suatu situs atau URL, dimana angka tersebut berkisar dari 0-10. Berbeda dengan Alexa, nilai Google Pagerank ini makin besar makin baik dalam arti situs yang memiliki Google Pagerank tinggi dianggap memiliki reputasi yang lebih baik karena life backlink yang tertuju pada situs tersebut lebih banyak baik sebagai URL aktif atau melalui anchor text di dalam artikel.

Pada umumnya situs dengan Google Pagerank yang tinggi akan dengan mudah ditemukan di search engine pada saat pencarian dan kemungkinan besar memiliki traffic pengunjung yang baik walaupun sebenarnya dalam hal indikator pengunjung Alexa Rank lebih baik dari Google PageRank. Untuk mengetahui pagerank situs silahkan masukan URL situs anda.

Banyak faktor untuk bisa meningkatkan Google Pagerank di antanranya dengan iklan, tukar link, membeli link dan sebaginya tetapi yang paling penting adalah konten, sehingga secara alami akan banyak situs yang relefan akan menempatkan life link yang tertuju pada situs tersebut karena dianggap penting dan pada akhirnya Google sendiri akan menganggap situs tersebut sangat bermanfaat. Inilah sebenarnya yang diinginkan oleh Goolgle "Back Link" dari situs dengan konten yang sesuai.

Sekarang Google semakin canggih dengan programnya untuk mendeteksi milyaran situs bahkan mem-filter dan mengkategorikan situs yang dianggap sebagai media untuk link exchange (tukar link), link farms, link spammer, dan blacklist URL.

Waktu yang diperlukan Google untuk melayani user dalam pencarian biasanya berlangsung kurang dari setengah detik untuk query data dari suatu situs yang melibatkan sejumlah langkah yang berbeda yang harus diselesaikan sebelum hasilnya dapat dikirimkan kepada pengunjung yang mencari informasi pada searh engine.
  1. Server web akan mengirimkan pertanyaan ke server indeks. Konten di dalam server indeks ini mirip dengan indeks di bagian belakang sebuah buku yang memberitahu halaman yang berisi kata-kata yang cocok dengan query.
  2. Permintaan perjalanan ke dokumen server, yang sebenarnya mengambil dokumen yang tersimpan untuk mendeskripsikan setiap hasil pencarian. 
  3. Hasil pencarian dikembalikan kepada penggunga dalam waktu kurang dari satu detik.
Google juga menggunkanan system Hypertext-Matching Analisis yang akan menganalisa konten suatu halaman bukan membaca text secara sepintas yang bisa dimanipulasi oleh author atau si pembuat situs. Dengan system tersebut, Google akan menganalisa seluruh konten yang bersangkutan bahkan sidebar dan iklanpun ikut dianalisa untuk memastikan pengguna dapat menemukan tema yang sesuai dengan pencarian.
Lalu kenapa akhir-akhir ini banyak sekali situs yang telah memiliki Googe Pagerank yang tinggi dalam waktu singkat dapat terjun bebas ke PR 0 (lebih jelasnya dapat dilihat pada forum diskusi Google Group). Apakah memang Google sudah tidak lagi menyukai situs mereka, terjadi kesalahan program dari Google, atau mereka memang telah melanggar Term-nya Google?. Informasi berikut mungkin dapat membantu menjawab pertanyaan tersebut tetapi informasi ini hanya kemungkinan dan belum 100% benar.
  1. Informasi yang saya baca di Diptara Blog bahwa Google akan menghapus Pagerank.
  2. Kemungkinan terjadi duplikat konten pada situs yang tidak proporsional.
  3. Membeli atau menjual link pada situs-situs yang lulus Pagerank, tetapi tidak semua penjual link melanggar Term Google.Membeli dan menjual link adalah bagian normal dari perekonomian suatu website bila dilakukan untuk tujuan periklanan, dan bukan untuk memanipulasi hasil pencarian. Contohnya link yang dibeli untuk iklan pada situs yang dikategorikan pengiklan. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti menambahkan rel = "nofollow" pada tag <a>, mengarahkan link ke halaman perantara yang diblokir oleh search engine dengan membuat file robot.txt. Lebih jelasnya pada Link Schemes.
  4. Url terdapat pada situs-situs PTR (Paid to Review).
  5. Link dimaksudkan untuk memanipulasi Pagerank
  6. Link ke web spammer
  7. Reciprocal link atau tukar link yang berlebihan ( "Link to me and I'll link to you.") termasuk mungkin "You comment, I follow", dan sebagainya.
  8. Google menerima laporan bahwa situs tersebut menjual link atau membeli link dari situs yang diblokir.
Cara terbaik untuk mendapatkan link yang berkualitas adalah dengan membuat konten yang unik dan sangat dibutuhkan oleh reader (pengunjung) sebagai sumber informasi. Semakin bermanfaat kontent yang dibuat, semakin besar kemungkinan reader akan menemukan konten tersebut dan semakin besar peluang blog kita di-link oleh para blogger atau webmaster yang membutuhkan konten tersebut.